<p>Boyband BTS asal Korea Selatan / YouTube</p>
Dunia

K-Pop Semakin Mendunia, Pendapatan Agensi BTS HYBE Entertainment Melesat 29 Persen

  • Agensi grup K-pop populer BTS HYBE Entertainment mencatatkan kinerja keuangan cemerlang pada kuartal I-2021. Pendapatan agensi yang dahulu bernama Big Hit Entertainment ini melesat 29% year on year menjadi 178,3 miliar won atau setara Rp2,29 triliun (asumsi kurs Rp12,85 per won Korea).

Dunia
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Agensi grup K-pop populer BTS HYBE Entertainment mencatatkan kinerja keuangan cemerlang pada kuartal I-2021.

Pendapatan agensi yang dahulu bernama Big Hit Entertainment ini melesat 29% year on year menjadi 178,3 miliar won atau setara Rp2,29 triliun (asumsi kurs Rp12,85 per won Korea).

Seluruh unit bisnis agensi hiburan ternama ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Segmen penjualan merchandise artis 89% yoy menjadi 64,7 miliar won. Sementara itu, pendapatan HYBE dari konten para artisnya melonjak 360% menjadi 33,7 miliar won pada kuartal I-2021 ini.

Tidak hanya itu, rupanya artis HYBE masih menjadi buruan para brand. Hal ini nampak dari pendapatan segmen iklan HYBE yang naik 63%. Adapun pendapatan dari pengelolaan klub penggemar global meningkat hingga 24%.

Untuk diketahui, platform komunitas penggemar global milik HYBE, yakni Weverse, telah memiliki rata-rata pengguna aktif bulanan hingga 4,9 juta orang.

CEO HYBE Entertainment Park Ji Won optimis pendapatan perusahaan bakal kembali melonjak pada kuartal II-2021. Optimisme Park Ji Won tidak lepas dari jadwal artis-artisnya yang bakal meramaikan industri musik Korea Selatan mulai April 2021.

“Pada kuartal kedua, artis-artis besar HYBE Labels akan aktif, termasuk NU’EST dan ENHYPEN, serta BTS dan Tomorrow by Together (TXT). Kami akan menanggapi secara fleksibel ketidakpastian kondisi bisnis seperti periode yang berkepanjangan,” kata Park Ji Won seperti dilansir Naver Rabu, 5 Mei 2021.

Masuk 100 Perusahaan Paling Berpengaruh

Kinerja HYBE selama dua tahun belakangan ini menuai decak kagum. Perusahaan berhasil mencatatkan sejarah baru dengan melantai di bursa, kinerja keuangan yang kuat, serta aksi korporasi yang beragam.

Tidak heran, rumah bagi BTS ini masuk ke dalam 100 perusahaan paling berpengaruh versi majalah Times.

Times merilis “TIME 100 Most Influential Companies” dengan meninjau prospek perusahaan-perusahaan ternama lintas sektor dalam membentuk masa depan dunia.

Beberapa faktor yang dinilai Times dalam pemilihan perusahaan tersebut antara lain, inovasi, relevansi, leadership, aksi korporasi, dan kesuksesan.

Rumah bagi grup BTS itu menjadi satu-satunya perusahaan hiburan Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar 100 perusahaan paling berpengaruh.

Kesuksesan agensi yang dulunya bernama Big Hit Entertainment dalam menjadikan BTS sebagai ikon K-pop Global membuat Times tidak ingin melewatkan perusahaan ini dari daftar tersebut.

Perusahaan yang berdiri pada 2005 ini berhasil melampaui agensi-agensi ternama lainnya untuk masuk dalam daftar tersebut.

Tiga agensi besar atau The Big 3 Agency, yakni SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment bahkan tidak berhasil masuk ke dalam daftar yang dirilis Times.

HYBE Entertainment bersanding dengan perusahaan-perusahaan ternama dunia, seperti Twitter, Apple, hingga Sony Music Group.

“HYBE yang dulu dikenal sebagai Big Hit Entertainment dulu merupakan agensi talenta underdog di dalam industri musik yang kompetitif di Korea Selatan. Tetapi berkat supergroup BTS, yang bisa dibilang sebagai band terbesar di dunia, perusahaan berada di posisi atas,” tulis Times.