Rangkaian KA Argo Semeru yang anjlok di Wates (Foto: Istimewa)
Nasional

KA Argo Semeru Anjlok di Petak Wates–Sentolo, Jalur Terganggu

  • Rangkaian Kereta Api (KA) Argo Semeru dari Surabaya Gubeng tujuan Gambir mengalami musibah anjlok dan terguling di petak jalan antara Stasiun Wates–Stasiun Sentolo, Selasa 17 Oktober 2023.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Rangkaian Kereta Api (KA) Argo Semeru dari Surabaya Gubeng tujuan Gambir mengalami musibah anjlok dan terguling di petak jalan antara Stasiun Wates–Stasiun Sentolo, Selasa 17 Oktober 2023. Dari foto dan video yang beredar di media sosial, tampak rangkaian KA bernomor 17 itu keluar dari jalur. 

Dalam sebuah video dari udara, terlihat delapan kereta milik KA Argo Semeru dalam posisi cukup miring namun belum sampai terguling. Selain KA Argo Semeru yang terguling, di saat hampir bersamaan KA Argo Wilis juga mengalami hal sama di lokasi tersebut. 

KA bernomor 6 itu diduga menyerempet KA Argo Semeru yang dalam kondisi telah telah anjlok saat melintas di jalur sebelahnya. Diketahui lokomotif dari KA Argo Wilis mengalami ringsek pada sisi kabin depan akibat menyerempet sebagain body kereta Argo Semeru. Sebuah kereta Argo Wilis yang berada di belakang lokomotif juga tampak miring dan keluar dari jalur. 

Informasi yang dihimpun Trenasia, beberapa kereta dari timur yang seharusnya melintas lokasi tersebut saat ini dialihkan perjalanannya melalui jalur utara. Selain itu unit evakuasi crane saat ini sedang dikirimkan menuju lokasi kejadian.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates sekira pukul 13.15.

Jalur Tidak Dapat Dilalui

"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," ujar EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan KA - KA yang akan melintas di wilayah Wates - Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend.

Sebagai Informasi lokasi kejadian kereta tersebut berada di wilayah Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta. Tepatnya berada di Kalimenur, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY.