Karyawan Platform Fintech mengikuti vaksinasi gotong royong industri Fintech Pendanaan Bersama Indonesia di Gedung Smesco,  Pancoran, Jakarta, Jum'at, 23 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Kabar Baik! Indonesia Berhasil Lampaui Target Vaksinasi Dosis Lengkap dari WHO Lebih Cepat

  • Indonesia kini berhasil melampaui target vaksinasi dosis lengkap dari WHO lebih cepat
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Vaksinasi COVID-19 merupakan program yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan atau menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity serta menurunkan tingkat kasus positif di Indonesia. Kini, cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah berhasil memenuhi target Badan Kesehatan Dunia atau WHO, pada Rabu 22 Desember 2021.

WHO telah menargetkan setiap negara sekurang-kurangnya untuk mencapai 40% dari total populasi yang akan mendapatkan vaksinasi dosis lengkap pada akhir 2021.

“Sampai hari ini, total masyarakat yang sudah kita suntikkan dosis lengkap (fully vaccinated) mencapai 108.412.315 orang atau 40,12%. Artinya kita lebih cepat dari target yang ditetapkan WHO,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin seperti yang dikutip dari laman Sehat Negeriku pada 23 Desember 2021.

Menkes Budi juga menekankan bahwa capaian vaksinasi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan seluruh komponen bangsa di antaranya TNI, Polri, Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, pihak swasta, serta masyarakat.

Vaksinasi dimulai pada pertengahan Januari lalu, di mana Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi untuk 208,2 juta orang. Dari jumlah target tersebut, sebanyak 154.593.449 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau 75% dari target, dan 108.412.315 masyarakat Indonesia telah mendapat vaksinasi dosis kedua atau 52% dari target. Dalam upaya mempercepat perlindungan masyarakat Indonesia dari COVID-19, upaya vaksinasi tetap akan diperluas sampai menargetkan anak-anak usia 6 sampai 11 tahun secara bertahap. Hingga saat ini, tahap pertama vaksinasi anak telah berlangsung di 115 Kabupaten atau Kota dari 19 provinsi. 

Karena cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%, pemerintah secara resmi memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember lalu dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

Menkes Budi menjamin bahwa vaksin terbaik adalah vaksin yang saat ini tersedia. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia tidak perlu ragu untuk mengakses lokasi dan pelayanan vaksinasi COVID-19. Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 maka semakin banyak orang yang terlindungi.

Menkes juga menegaskan bahwa kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama dalam mencegah penularan COVID-19. Keduanya harus berjalan beriringan sebagai solusi jitu mengakhiri pandemi COVID-19.