Nampak sejumlah lansia tengah menerima dosis ke 3 vaksin Covid-19 atau vaksin booster di RSUD Tangerang Selatan, Rabu 12 Januari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Kabar Baik! Studi Terbaru Sebut Orang yang Divaksin Jarang Terkena Long COVID

  • Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 cenderung tidak terpengaruh atau tidak timbul gejala long COVID.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 cenderung tidak terpengaruh atau tidak timbul gejala long COVID-19 daripada mereka yang tidak divaksinasi. 

Seperti yang dilansir dari laman The Independent, orang yang telah mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer/BioNTech, AstraZeneca atau Moderna, atau satu dosis vaksin J&J sekali pakai, hanya sekitar setengahnya yang mengembangkan gejala long COVID daripada orang yang tidak divaksinasi, menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA).

Temuan ini berasal dari tinjauan terhadap 15 studi yang telah dirilis pada hari Selasa lalu. Dr Mary Ramsay, seorang kepala imunisasi di UKHSA mengatakan bahwa studi ini menambah manfaat potensial dari penggunaan vaksinasi COVID-19 secara lengkap atau penuh. Itu artinya, vaksinasi merupakan cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari gejala yang serius ketika Anda terinfeksi dan juga dapat membantu meredakan dampak jangka panjang dari COVID-19.

Long COVID-19 bagi kebanyakan orang hanya terasa sementara dan bisa segera sembuh dari waktu ke waktu. Akan tetapi, bagi sebagian orang gejalanya justru bisa lebih parah dan mengganggu kehidupan mereka sehari-hari.

Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa terutama selama lebih dari empat minggu setelah infeksi, maka Anda harus mempertimbangkan untuk segera menghubungi dan memeriksakan diri kepada dokter Anda. 

UKHSA menyebutkan gejala long COVID yang dialami oleh orang di Inggris meliputi kelelahan, sesak napas, dan nyeri otot atau sendi. Dari empat penelitian yang membandingkan gejala long COVID pada orang sebelum dan sesudah vaksinasi, banyak orang melaporkan bahwa vaksinasi menimbulkan gejala long COVID yang lebih ringan. Selain itu, gejala COVID-19 yang lama juga akan segera membaik pada orang yang telah divaksinasi, dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi.