Kegiatan vaksinasi untuk anak berumur 6-11 tahun yang berlangsung di 6 Lippo Malli seJabodetabek secara serentak selama 2 hari, 15-16 Januari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Kabar Baik, Vaksin Pfizer Akan Tersedia Khusus untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun dalam Waktu Dekat

  • Pfizer dan mitranya, BioNTech telah meminta izin FDA untuk vaksin COVID-19 dosis rendah mereka yang khusus untuk anak-anak berusia 6 bulan sampai di bawah 5 tahun
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pfizer dan mitranya, BioNTech telah meminta izin FDA untuk vaksin COVID-19 dosis rendah mereka yang khusus untuk anak-anak berusia 6 bulan sampai di bawah 5 tahun. Seperti yang dilansir dari laman USA Today, suntikan ini rencananya akan tersedia pada akhir Februari. 

Pejabat Administrasi Makanan dan Obat-obatan juga telah mendesak perusahaan tersebut untuk mengejar otorisasi darurat untuk rejimen dua dosis vaksin sambil menunggu data tentang pemberian dosis ketiga. Pengajuan tersebut juga agar mempercepat ketersediaan vaksin untuk anak-anak usia prasekolah dan usia lebih dari sebulan.

Hal tersebut dilakukan karena infeksi COVID-19 di antara anak-anak telah mengalami lonjakan pada tahun 2022 dengan munculnya varian Omicron. Menurut American Academy of Pediatrics, jumlah penderita COVID-19 anak-anak kini tiga kali lipat tingkat puncak gelombang varian Delta pada tahun 2021.

Menurut Dr. Alejandra Gurtman, wakil presiden penelitian dan pengembangan klinis vaksin untuk Pfizer mengatakan bahwa dosis vaksin yang lebih rendah yang diberikan kepada anak-anak berusia 2 sampai 4 tahun dianggap aman tapi tidak menghasilkan perlindungan kekebalan sebanyak suntikan vaksin yang diberikan kepada kelompok usia lain dalam tes awal. Selain itu, anak-anak usia 6 bulan sampai 2 tahun bagaimanapun mengalami respon imun yang memadai pada dosis 3 mikrogram.

Perusahaan vaksin Pfizer berharap dosis ketiga vaksin delapan minggu setelah dua suntikan pertama dapat memberikan efektivitas yang diinginkan, meski hasil tersebut tidak akan tersedia sampai akhir Maret atau awal April.