<p>Pos penyekatan di Akses Gerbang Tol Dumai, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. (Foto: dokumentasi Hutama Karya)</p>
Nasional

Kabar Gembira! Gerbang Tol Kandis Utara Mulai Dibuka Hari Ini

  • Gerbang tol (GT) Kandis Utara yang berada di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) mulai dibuka untuk umum pada Minggu, 20 Februari 2022 pukul 07.00 WIB.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Gerbang tol (GT) Kandis Utara yang berada di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) mulai dibuka untuk umum pada Minggu, 20 Februari 2022 pukul 07.00 WIB.

Branch Manager Tol Permai Indrayana mengatakan dibukanya gerbang tol Kandis Utara sudah sesuai dengan arahan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui surat yang ditandatangani Kepala Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

"Untuk mendukung operasional pintu tol Kandis Utara tersebut, semua petugas dan fasilitas pendukung keluar masuknya kendaraan dari pintu Tol Permai sudah disiapkan. Begitu juga dengan pemasangan CCTV untuk mengawasi perilaku kendaraan," kata Indrayana dalam keterangan resmi, 19 Februari 2022.

Untuk diketahui, Pengoperasian GT Permai sempat tertunda karena masih terhalang oleh pembebasan lahan dan kini sudah bisa diselesaikan dan digunakan pengguna jalan tol.

Adapun jalan Tol Pekanbaru-Dumai telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada Jumat, 25 September 2020 lalu. Peresmian itu dilakukan dari Istana Kepresidenan Bogor dengan didampingi Menteri sekretaris Negara Pratikno.

Jalan tol ini memiliki panjang 131 kilometer (km) terdiri dari enam seksi. Yakni seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km, seksi 2 Minas-Kandis Selatan sepanjang 24,1 km, seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara panjang jalan 16,9 km, seksi 4 Kandir Utara-Duri Selatan panjang jalan 26,2 km, seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,45 km, dan seksi 6 Duri Utara-Dumai sepanjang 29,45 km.