<p>Ilustrasi fitur baru Gmail yang bisa menghindari Anda berbagi informasi rahasia secara tidak sengaja</p>
Tekno

Kabar Gembira! Gmail Akan Berikan Kecerdasan Buatan yang Mempermudah Menulis Email

  • Google akan mengimplementasikan AI pada setiap produk atau layanan yang ditawarkannya termasuk di Gmail.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Google I/O akhirnya diselenggarakan dan dibuka dengan banyak hal baru di berbagai ekosistem Google. Salah satu yang diumumkan adalah set fitur baru di Gmail.

Kabarnya, jika masa depan adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), maka Google akan mengimplementasikan AI pada setiap produk atau layanan yang ditawarkannya. Bahkan pekan ini Google dikabarkan akan menghadirkan versi beta AI generatif ke dalam produk Workspace-nya serta akan mencapai Gmail.

Fitur AI di Gmail ini akan disebut dengan nama ‘Help Me Write’. Fitur tersebut akan membantu pengguna menulis email.

Pada acara tersebut CEO Google, Sundar Pichai menunjukkan fitur tersebut dengan contoh seseorang yang menerima voucher dari maskapai penerbangan yang membatalkan penerbangan. Pengguna tersebut tampaknya menginginkan pengembalian uang dan membiarkan AI melakukan tugasnya.

Setelah pengguna mengklik tombol pensil, pengguna dapat memasukkan prompt tentang apa yang ingin dituliskan di email tersebut. AI akan melakukannya dan menulis email berisi info apa saja yang diperlukan pengguna.

Pengguna Gmail tersebut tetap dapat menyesuaikan dan mengoptimalkan email yang telah ditulis AI, misalnya dengan menambahkan lebih banyak detail pada teks, menyingkatnya, atau memberikan pilihan kata yang lebih formal. 

Menurut Sundar Pichai, fitur ini masih permulaan dan perusahaan akan lebih mengoptimalkannya. FItur tersebut nantinya juga tidak akan terbatas pada Gmail.