Kabar Gembira! Meta Akan Bayar Content Creator Berdasarkan Performa Reels
Tekno

Kabar Gembira! Meta Akan Bayar Content Creator Berdasarkan Performa Reels

  • Meta dikabarkan sedang menguji model pembayaran baru untuk program monetisasi Ads on Reels. Program tersebut rencananya dibuat untuk membayar content creator berdasarkan performa Reels publik mereka, bukan pendapatan iklan di Reels.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Meta dikabarkan sedang menguji model pembayaran baru untuk program monetisasi Ads on Reels. Program tersebut rencananya dibuat untuk membayar content creator berdasarkan performa Reels publik mereka, bukan pendapatan iklan di Reels.

Meta juga mengumumkan akan memperluas program ini di Facebook ke lebih banyak kreator dan akan mulai menguji program tersebut di Instagram dalam beberapa minggu yang akan datang.

Seperti yang telah diketahui, Meta mulai menguji iklan di Facebook Reels tahun lalu sebagai cara bagi content creator untuk mendapatkan uang dari Reels. Selain itu, Meta kini mengundang ribuan kreator lainnya untuk bergabung dalam program ini termasuk kreator sebelumnya yang telah berpartisipasi dalam prgram bonus Reels Play di Facebook yang baru-baru ini ditutup.

Pembayaran yang diberikan kepada content creator akan ditentukan berdasarkan jumlah penayangan. Artinya, semakin baik performa Reels, maka semakin banyak penghasilan yang diperoleh. Seiring waktu, Meta mungkin akan mempertimbangkan faktor lainnya saat menentukan pembayaran.

“Kami mempelajari melalui pengujian kami bahwa pembayaran terkait kinerja lebih baik dalam menyeimbangkan kebutuhan semua orang,” tulis Meta dalam postingan blog resminya yang dikutip pada Kamis 11 Mei 2023.

Agar memenuhi syarat untuk memenuhi undangan program ini, kreator harus tinggal di salah satu dari 52 negara yang ditentukan dan memenuhi persyaratan minimum seperti berusia minimal 18 tahun dan lulus Facebook's Partner Monetization Policies and Content Monetization Policies.

Jika kreator berhasil masuk dalam program inim mereka harus menyelesaikan proses onboarding, termasuk menerima persyaratan penggunaan dan memberikan detail pembayaran. Kemudian, kreator tinggal membuat Reels yang menarik untuk mulai menghasilkan uang.