Ilustrasi ekonomi hijau (green economy)
Nasional

Kadin: Penerapan ESG Perbesar Peluang Investasi hingga Peningkatan Laba

  • Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid membeberkan implementasi prinsip environment, social, and good governance (ESG) di Indonesia memiliki banyak manfaat jika diterapkan oleh para perusahaan untuk mendukung ekonomi hijau.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid membeberkan implementasi prinsip environment, social, and good governance (ESG) di Indonesia memiliki banyak manfaat jika diterapkan oleh para perusahaan untuk mendukung ekonomi hijau.

Menurutnya investasi yang mengedepankan aspek-aspek ESG bukan lagi pilihan atau bersifat sukarela. Perilaku konsumen, pasar, dan investor yang mengharuskan ESG harus diterapkan oleh pelaku usaha dengan dukungan penuh pemerintah demi keberlanjutan usaha.

"Ada beberapa keuntungan yang bisa dicapai oleh perusahaan jika mendorong implementasi ESG bagi keberlanjutan usahanya," kata Arsjad kepada TrenAsia beberapa waktu lalu.

Pertama, peningkatan pertumbuhan perusahaan. Arsjad mengatakan sudah ada lebih dari 70 ribu konsumen rela membayar 5% tambahan biaya untuk produk ramah lingkuangan. Meskipun memiliki kualiatas yang sama dengan alternatif non-hijau produk. Sehingga dapat mempengaruhi keuntungan melalui transisi produksi berkelanjutan.

Kedua terbentuknya ekosistem ESG akan menghubungkan para pengusaha dengan dengan partner, investor untuk mempercepat dekarbonisasi bagi industri dan  pendanaan agar dapat mempercepat pencapaian target emisi net zero yang ditetapkan masing-masing perusahaan.

Selanjutnya Arsjad menyebut, Kadin tengah mempersiapkan diri dalam mengirim komitmen letter kepada organisasi science based targets untuk corporate net zero standart. Hingga saat ini sudah ada 30 perusahaan berkomitmen untuk capai net zero emision. Target hingga akhir 2022, Kadin menggaet 100 perusahaan untuk bergabung di Kadin Zero Hub untuk menerapkan ESG dan Net Zero Carbon Emision.

Manfaat selanjutnya adanya efisiensi biaya, dalam implementasi ESG secara efektif dapat memerangi biaya operasional dan laba operasi hingga 60%. Terakhir dapat memperluas peluang investasi.

Melalui ESG perusahaan meningkatkan return investasi melalui alokasi modal ke peluang keberlanjutan yg lebih menjanjikan.