Pekerja beraktivitas di proyek Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kawasan Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 21 April 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Foto

Kado Ultah untuk Jokowi, Proyek 13 Terowongan Kereta Cepat Sudah Tembus Semua

  • Tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) di Jatiluhur, Purwakarta akhirnya tembus. Dengan demikian, 13 terowongan dalam proyek ini sudah tembus semua
Foto
Ismail Pohan

Ismail Pohan

Author

JAKARTA - Tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) di Jatiluhur, Purwakarta akhirnya tembus. Tunnel yang terakhir ditembus ialah Tunnel 2 sepanjang 1.040 meter yang terletak di Jatiluhur, Purwakarta pada 17 Juni kemarin. Dengan demikian, 13 terowongan dalam proyek ini sudah tembus semua.

Selain itu tembusnya tunnel 2 bakal menjadi hadiah buat Presiden Jokowi yang berulang tahun pada hari ini, Selasa, 21 Juni 2022. Di mana pengerjaan tunnel 2 merupakan tantangan yang berat dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pengerjaan tunnel 2 sendiri sempat dikunjungi Jokowi pada awal tahun ini.

Selama proses menembus Tunnel 2, KCIC berkolaborasi dengan para ahli dari dalam maupun luar negeri untuk menghadapi persoalan clayshale ekstrem. Persoalan tersebut cukup menjadi tantangan tersendiri hingga akhirnya didapatkan solusi metode penanganannya sehingga kendala dapat teratasi dan penggalian Tunnel 2 bisa tuntas.

Tembusnya seluruh terowongan ini menjadi salah satu progres di proyek KCJB agar dapat mempercepat pembangunan KCJB. Setelah seluruh terowongan tembus, KCIC akan fokus ke konstruksi lainnya, yaitu elevated track dan subgrade.

Sebagai informasi, KCIC menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat beroperasi pada Juni 2023. Rencananya akhir Desember 2022 KCJB ini akan mulai diuji coba.

Foto: Ismail Pohan/TrenAsia