Ny Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo
Nasional

Kahiyang Ajak Beli Produk Perajin Lokal di KriyaNusa

  • Kahiyang Ayu turut serta dalam fashion show tersebut dengan mengenakan pakaian dari Ulos Toba bersama dengan pengurus Dekranasda se-Indonesia serta ibu-ibu OASE KIM.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan turut serta dalam Pameran Kerajinan Nusantara (KriyaNusa) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Rabu 13 September 2023.

Acara ini digelar untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan keragaman produk kerajinan Indonesia. Oleh karena itu, KriyaNusa diharapkan menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta perajin di Tanah Air guna memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ismiralda Wiriya Alrahman memimpin langsung Tim Dekranasda Kota Medan. Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan KriyaNusa yang ditandai dengan pemukulan rebana.

Acara tahunan yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 September 2023 ini juga dihadir Ketua Umum Dekranas Wuri Ma'ruf Amin, para ibu yang merupakan anggota dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), pengurus dari Dekranas serta Dekranasda Provinsi, dan juga perwakilan dari berbagai Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 

Peresmian KriyaNusa juga dimeriahkan dengan fashion show. Bahkan, Kahiyang Ayu turut serta dalam fashion show tersebut dengan mengenakan pakaian dari Ulos Toba bersama pengurus Dekranasda se-Indonesia serta ibu-ibu OASE KIM. Dia mendorong warga tak ragu mengenakan produk karya perajin lokal.

Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin menyampaikan penyelenggaraan KriyaNusa kali ini mengusung tema “Kriya Unggul Indonesia Maju.” Ia menjelaskan bahwa, tema ini menggambarkan visi Dekranas untuk menjadikan produk kerajinan Indonesia terus berkembang dan dapat menjadi komoditas unggulan yang memiliki daya saing global.

 “Pameran ini adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya para perajin Indonesia yang mengagumkan sekaligus mengembangkan kekayaan budaya Indonesia,” jelas Wuri Ma’ruf Amin.

Dia menambahkan kriya bukan hanya sekedar seni atau kerajinan tangan, tetapi juga merupakan cerminan dari kreativitas, kecerdasan dan ketekunan masyarakat kita. "Para perajin memiliki pengetahuan dan keterampilan tradisional yang telah diuji dan disempurnakan selama bertahun-tahun,” sambungnya.

Di sisi lain, Wuri berharap kepada seluruh peserta agar terus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Ia menekankan pentingnya menanamkan rasa bangga terhadap produk-produk buatan Indonesia sejak usia dini, serta terus mendorong kecintaan terhadap produk-produk lokal. 

Hingga pada akhirnya masyarakat bersedia menggunakan produk-produk lokal. “Saya berharap dengan semangat kolaborasi yang terbina, produk kriya nasional semakin unggul dan mampu menjadikan pameran KriyaNusa sebagai ikon pameran kerajinan terbesar di Asia dan bahkan di dunia,” harapnya.