Bantu Tingkatkan Kualitas Udara, Pemkot Surabaya Upayakan Penanaman 1000 Pohon Setiap Hari
BUMN

KAI Canangkan Penananaman 1 Juta Pohon Hingga 2041

  • KAI juga memperhatikan perawatan pasca penanaman. Perusahaan secara aktif melakukan pemantauan dan perawatan secara berkala terhadap pohon-pohon yang telah ditanam guna menjaga pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman yang telah mereka tanam.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meneguhkan komitmennya pada pelestarian lingkungan dan program keberlanjutan melalui penanaman pohon yang telah dijalankan. Langkah ini merupakan bagian nyata dari dukungan KAI terhadap gerakan BUMN Hijaukan Indonesia.

Program ini mencakup rencana jangka panjang KAI untuk menanam satu juta pohon hingga tahun 2041. Sejak program ini dimulai pada tahun 2021, KAI telah berhasil menanam 94.303 pohon. Dari jumlah tersebut, 36.576 pohon ditanam di area stasiun dan kantor KAI, sedangkan 57.727 pohon lainnya diserahkan kepada masyarakat untuk ditanam di lokasi mereka.

"KAI melakukan penanaman pohon di seluruh wilayah kerjanya, baik di daerah operasi maupun divisi regional," ujar Vice President, Public Relations KAI Joni Martinus, dilansir kabarbumn.com, Kamis, 30 November 2023. 

Selain itu, KAI juga memberikan bibit pohon kepada masyarakat dengan melibatkan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan maupun pemerintah setempat untuk ikut berperan  dalam kegiatan penanaman pohon.

KAI juga memperhatikan perawatan pasca penanaman. Perusahaan secara aktif melakukan pemantauan dan perawatan secara berkala terhadap pohon-pohon yang telah ditanam guna menjaga pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman yang telah mereka tanam.

Dalam proses pemilihan jenis pohon, KAI memperhatikan ragam spesies. Berbagai macam jenis pohon buah turut ditanam, seperti pohon jambu, mangga, durian, rambutan, dan lainnya. Selain itu berbagai tanaman lain juga di tanam seperti pohon trembesi, tabebuya, cemara, pucuk merah, ketabang kencana, dan pule. 

Pendekatan ini mencerminkan perhatian perusaahaan terhadap keberagaman ekosistem yang diinginkan untuk mendukung kesehatan dan keberlangsungan lingkungan. Program penanaman pohon KAI menjadi langkah operasional perusahaan, melainkan juga bagian yang tak terpisahkan dari tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. 

Dengan kesinambungan program ini, KAI berharap bisa memberikan dampak positif yang lebih luas pada lingkungan dan mendorong partisipasi lebih besar dari masyarakat dan pihak-pihak lain untuk turut serta dalam menjaga alam demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.