Ilustrasi penumpang kereta api saat musim libur
Nasional

KAI Catat Peningkatan Penumpang Hingga 42 persen Saat Libur Natal 2023

  • Volume penumpang itu naik signifikan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan sebanyak 600.797 penumpang
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mencatat peningkatan jumlah penumpang hingga 42 persen saat masa libur Hari Raya Natal 2023. Sebanyak 854.974 penumpang tercatat menggunakan layanan KA Jarak Jauh dan Lokal pada periode 22 hingga 25 Desember 2023. Volume penumpang itu naik signifikan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 yang mencatatkan sebanyak 600.797 penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan kondisi pandemi yang semakin membaik menjadi salah satu faktor meningkatnya volume pelanggan pada periode libur Natal 2023 dibanding tahun 2022. “minat pelanggan yang semakin tinggi juga diperkirakan adanya sejumlah peningkatan pelayanan yang KAI lakukan seperti peremajaan sarana dan penambahan KA-KA baru,” imbuhnya.

Pihaknya menyebut bahwa puncak arus mudik periode natal terjadi pada tanggal 23 Desember 2023 lalu dimana terdapat 223.559 penumpang yang menggunakan jasa layanan kereta api. Pada masa puncak arus mudik, KAI menyediakan total 168.854 tempat duduk.

Okupansi kereta mencapai 132 persen. Angka 32 persen tersebut merupakan penumpang yang naik turun antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir. Kemudian pada arus balik mudik natal yang puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 26 Desember 2023, KAI telah menjual 188.667 tiket. Total tempat duduk yang disediakan sebanyak 168.854 tempat duduk.

Adapun okupansi pada arus balik ini mencapai dengan okupansi 112% dari tempat duduk yang disediakan. Angka 12 persen tersebut merupakan penumpang yang naik turun antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir.

Joni menyebut terdapat beberapa rute favorit yang jadi pilihan penumpang KA Jarak Jaruh pada periode mudik natal kali ini. Relasi Jakarta – Yogyakarta pp masih menjadi nomor pertama rute terfavorit pada periode ini. Disusul kemudian rute Jakarta – Bandung pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, dan lain sebagainya.

Pada libur tahun baru mendatang, KAI telah berhasil menjual 248.494 tiket dengan okupansi 73 persen. Tempat duduk yang disediakan untuk tanggal 29 sampai 30 Desember total sebanyak 339.188 tempat duduk.

Joni menuturkan dengan semangat melayani, seluruh insan KAI memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang dihadirkan. “KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” imbuhnya.

Terkait dengan merebaknya Covid-19, KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan. Hal itu bertujuan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19. 

Tidak lupa, Joni juga berpesan kepada para calon penumpang agar memberikan alokasi waktu yang lebih ketika hendak menggunakan kereta api. Pasalnya saat perjalanan menuju stasiun bisa saja mereka terjebak kemacetan. Dengan mengalokasikan waktu lebih, resiko tertinggal kereta karena kejadian di jalan raya akan terhindarkan.