PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar KAI Expo 2022 yang sempat vakum dua tahun karena pandemi
Nasional

KAI Expo Kembali Digelar, Saatnya Berburu Tiket Murah hingga "Jajal" Kereta Cepat

  • KAI Expo 2022 digelar dengan menawarkan promo tiket hingga travel experience Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan KAI Expo 2022 yang sudah vakum selama dua tahun karena pandemi.

Perhelatan yang mengusung tema Adaptive in Collaboration ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk masyarakat agar layanan transportasi kereta api dan sektor pariwisata bisa kembali pulih.

Acara ini digelar di Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, 17-18 September 2022. Di KAI Expo 2022 ini, pengunjung bisa melihat berbagai pameran produk, promo menarik, dan info-info terbari dari KAI Group beserta mitra-mitranya.

KAI Expo 2022 ini pun diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September dengan mengusung tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, di KAI Expo 2022 ini masyarakat bisa melihat berbagai inovasi di dunia perkeretaapian beserta industri pendukungnya.

"Kolaborasi yang baik antara KAI Group dengan mitra-mitranya yang kami tampilkan di KAI Expo ini mencerminkan semangat Adaptive in Collaboration,” ujar Hadis dikutip dari keterangan resmi, Sabtu, 17 September 2022.

Promo Tiket

Pengunjung juga bisa mendapatkan beragam promo dan hiburan yang disajikan di KAI Expo 2022 yang dibuka sejak pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Di pameran ini, disediakan 77.000 tiket promo yang hanya dapat dibeli secara offline selama KAI Expo 2022 berlangsung. Tiket-tiket promo itu bisa dipakai untuk keberangkatan 19 September hingga 18 Oktober 2022 ke berbagai tujuan.

Promo ini menawarkan tarif kelas eksekutif senilai Rp150.000, bisnis Rp70.000, dan ekonomi Rp30.000.

Untuk keberangkatan yang bertepatan pada HUT KAI di 28 September, masyarakat bisa mendapatkan tiket tarif kelas eksekutif senilai Rp77.000, bisnis Rp17.000, dan ekonomi Rp7.000.

Beberapa kota yang tercakup dalam rute untuk tarif promo ini di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Jember, dll.

Kereta api yang mendapatkan promo ini di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi PP), Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan PP), Gajayana (Gambir - Malang PP), Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng PP), dan beberapa KA pilihan lainnya.

Jumlah tiket promo untuk setiap KA per tanggal jumlahnya terbatas, namun penyelenggara tidak menutup kemungkinan penambahan promo dengan melihat tingkat antusias masyarakat.

Pameran Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pada pameran KAI ini pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan pihak KAI ataupun anak-anak perusahaan yang selama ini menopang bisnis perseroan.

KAI memamerkan beragam produk dan bisnis terbaru yang sedang dipersiapkan, termasuk Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dan LRT Jabodetabek.

Dalam pengunjung bisa merasakan travel experience dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menyenangkan.

"Pada kesempatan ini, Kami ingin menghadirkan dan mendekatkan KCJB kepada masyarakat. Di sini pengunjung bisa mendapatkan pengalaman traveling menggunakan kereta api cepat Jakarta-Bandung," ujar Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry, dalam kesempatan lain.

Pada event tersebut, KCJB tampil dengan booth yang menyerupai rangkaian EMU KCIC400AF, lengkap dengan miniaturnya sehingga pengunjung dapat langsung merasakan pengalaman berada dalam suasana KCIC400AF.

"Visualisasi booth yang kami sediakan dirancang untuk menyerupai KCIC400AF. Ada juga miniatur yang benar - benar menyerupai aslinya agar masyarakat bisa lebih dekat dengan KCIC400AF," terangnya.

Para pengunjung yang datang ke booth KCIC akan mendapatkan prototype tiket KCJB. Agar pengalaman perjalanan KCJB makin nyata, ada pramugari yang akan menyambut ramah para pengunjung.

Setelah itu, pengunjung seolah akan merasakan memasuki rangkaian kereta EMU melalui 3D video Mapping dan menawarkan pengalaman perjalanan naik KCJB. Terdapat juga visualisasi yang menggambarkan fasilitas di stasiun KCJB.

"Visualisasi yang kami hadirkan ini diharapkan bisa memberikan gambaran nyata pada masyarakat khususnya para pengunjung KCJB," lanjutnya.

Di booth KCJB, pengunjung juga bisa berswafoto pada spot-spot foto yang telah disediakan. Jangan lupa untuh untuk mengunggah foto-foto di media sosial pribadi, karena KCJB juga menyediakan exclusive merchandise  bagi pengunjung yang beruntung.