KRL Commuter Line tujuan Bogor dan Jakarta Kota saat berhenti di Stasiun Manggarai, Sabtu 28 Oktober 2023. (Foto: Khafidz Abdulah/Trenasia)
Transportasi dan Logistik

KAI Kolaborasi dengan Bank Mandiri untuk Hadirkan Kenyamanan Penumpang

  • Kerja sama bersama Bank Mandiri ini menjadi salah satu upaya transformasi digitalisasi yang sedang dilaksanakan KAI Group.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

SURAKARTA - PT Persero Kereta Api Indonesia (KAI) kolaborasi bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk hadirkan kenyamanan kepada para penumpang kereta api.

"KAI Group hari ini, tepatnya KAI Commuter melakukan kolaborasi dengan Bank Mandiri, sekaligus menggelar event di Mangkunegaran," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo usai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dalam kerja sama layanan aplikasi C-Access dan aplikasi Livin by Mandiri pada Minggu, 3 Desember 2023 di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah seperti dilansir Antara.

Didiek menyebutkan kerja sama bersama Bank Mandiri ini menjadi salah satu upaya transformasi digitalisasi yang sedang dilaksanakan KAI Group.

Didiek menyebut inovasi dari kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI Group. Hal tersebut juga merupakan bagian dari implementasi sinergi antara BUMN yang bertujuan memberikan nilai tambah kepada masyarakat yang menggunakan layanan transportasi kereta api.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyebutkan kerja sama tersebut merupakan kolaborasi dalam rangka meningkatkan layanan Commuter Line. Dengan kerja sama dengan Bank Mandiri, para pengguna Commuter Line diberikan kemudahan dalam mengakses transportasi publik.

Asdo sendiri menjelaskan C-Access adalah super apps re-branding dari aplikasi KRL Access yang sebelumnya telah digunakan pengguna Commuter Line. Pada aplikasi yang baru, KAI melakukan pengembangan serta menghadirkan sejumlah fitur baru seperti pembelian tiket Commuter Line, top up saldo KMT, informasi lokasi stasiun terdekat, pembelian tiket kereta bandara, serta pelayanan PIN ibu hamil yang seluruhnya memiliki tampilan yang lebih segar.

"Ke depan dikembangkan pula layanan QRIS sebagai aplikasi pembayaran, aplikasi ini juga sudah memiliki akses kemudahan dalam pemakaian oleh disabilitas," tambah Asdo.

Regional CEO VII/Jawa 2 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hendra Wahyudi mengatakan kolaborasi bersama KAI ini adalah salah satu wujud dukungan Bank Mandiri terhadap industri transportasi di Indonesia.

"Harapannya kerja sama ini dapat memberikan layanan yang terintegrasi tidak hanya dalam sistem pembayaran tetapi juga lifestyle melalui sinergi antara super app C-Access dan Livin’ by Mandiri," ujar Hendra.

Komisaris PT KAI KGPAA Mangkunegara X mengatakan kolaborasi tersebut dilakukan untuk menjawab kebutuhan masa kini.

Sosialisasi aplikasi C-Access dan Livin by Mandiri sendiri dikemas dengan pergelaran Twilite Orchestra di bawah konduktor Addie MS bertema MANGKUNEGARAN Garden Orchestra di Pracima Tuin area Pura Mangkunegaran.