KA Papandayan di Stasiun Bandung
Nasional

KAI Luncurkan 3 Kereta Baru: Catat Rute, Jadwal, dan Tarifnya!

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan tiga kereta baru di tiga rute yang berbeda pada Rabu, 24 Januari 2024. Ketiga kereta tersebut ialah KA Papandayan relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP), dan KA Malabar keberangkatan pagi hari relasi Bandung-Malang (PP).
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan tiga kereta baru di tiga rute yang berbeda pada Rabu, 24 Januari 2024. Ketiga kereta tersebut ialah KA Papandayan relasi Garut-Gambir (PP), KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir (PP), dan KA Malabar keberangkatan pagi hari relasi Bandung-Malang (PP).

“PT KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui peluncuran 3 KA baru tersebut. Peluncuran KA-KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” kata Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Ketiga kereta yang diluncurkan berbarengan pada hari yang sama itu memiliki kelas ekonomi dan eksekutif dalam satu rangkaiannya. Keberadan KA Papandayan memberikan angin segar bagi penumpang di lintas Garut-Cibatu-Kiaracondong yang hendak ke Jakarta.

Sebab sebelumnya penumpang dari Garut hanya dilayani oleh KA Cikuray tujuan Stasiun Pasarsenen jika hendak ke Jakarta. Adapun keberadaan KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya. 

“Dioperasikannya KA Pangandaran dan Papandayan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran atau sebaliknya sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jawa Barat,” kata Didiek.

Kereta Malabar pagi yang turut diluncurkan kali ini menambah pilihan perjalanan menuju Kota Malang pada pagi hari. Sebab sebelumnya KAI telah meluncurkan KA Malabar dengan perjalanan malam hari pada tahun 2010 lalu. 

“KA Malabar yang sebelumnya keberangkatan dari Stasiun Bandung hanya pukul 17.20 WIB, saat ini ditambah keberangkatan pagi pukul 09.50 WIB menuju Stasiun Malang.” papar Didiek.

Dalam peluncuran kereta itu, KAI juga memberikan tiket promo kepada para pelanggan. Tarif KA Papandayan dibanderol dengan harga Rp252.000 untuk kelas eksekutif dan Rp156.000 untuk kelas ekonomi. Kemudian tarif KA Pangandaran dibanderol dengan harga Rp296.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp180.000 untuk kelas ekonomi. 

Sedangkan untuk tarif KA Malabar keberangkatan pagi dibanderol dengan harga Rp420.000 untuk kelas eksekutif, dan Rp240.000 untuk kelas ekonomi. Tarif tersebut merupakan tarif promo 20 persen yang berlaku hingga 31 Januari 2024.

Jadwal ketiga kereta baru:

KA Papandayan: 

  • Berangkat dari Stasiun Garut jam 12.30 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 17.45 WIB
  • Berangkat dari Stasiun Gambir pkl 06.30 WIB, tiba di Stasiun Garut jam 11.20 WIB

KA Pangandaran:

  • Berangkat dari Stasiun Banjar jam 16.55 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 00.49 WIB
  • Berangkat dari Stasiun Gambir jam 09.30 WIB, tiba di Stasiun Banjar jam 16.25 WIB

KA Malabar keberangkatan pagi:

  • Berangkat dari Stasiun Malang jam 05.40 WIB, tiba di Stasiun Bandung jam 17.58 WIB
  • Berangkat dari Stasiun Bandung jam 09.50 WIB, tiba di Stasiun Malang jam 22.55 WIB