<p>Logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI / Kai.id</p>
Nasional

KAI Resmi Operasikan Kereta Api Brawijaya Gambir-Malang

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya destinasi Gambir-Malang secara perdana pada Rabu, 10 Maret 2021.

Nasional
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya destinasi Gambir-Malang secara perdana pada Rabu, 10 Maret 2021.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan KA Brawijaya diberangkatkan pada pukul 15.40 WIB dari Stasiun Gambir. KA ini terdiri dari 8 kereta eksekutif dengan jumlah muatan penumpang sebanyak 400 kursi.

Berbeda dengan kereta Gajayana, KA Brawijaya tidak akan melalui jalur operasional Purwokerto-Yogyakarta, melainkan melewati stasiun Cirebon Semarang dan Madiun.

“Untuk memenuhi aturan protokol kesehatan (prokes) maka jumlah ketersediaan dibatasi hanya untuk 70% penumpang menjadi 280 kursi,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu, 10 Maret 2021.  

Petugas KAI juga mengatur tempat duduk untuk jaga jarak, menyediakan cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun.

KA Brawjiaya dilengkapi beberapa fasilitas yang digunakan untuk mencegah penularan COVID-19 di dalam kereta,

Seperti ruang isolasi sementara di atas kereta api. Ruangan ini ditujukan pada penumpang yang memiliki gejala COVID-19 sebelum akhirnya diturunkan di stasiun terdekat.

Serta pos kesehatan di dalam kereta untuk penanganan virus COVID-19 secara lebih lanjut.

Selain itu petugas juga akan membersihkan area yang rentan disentuh banyak penumpang menggunakan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.