Peresmian Kereta Suite Class Compartment
Transportasi dan Logistik

KAI Resmikan Kereta Suite Class Compartment, Harga Promo Rp1,95 Juta

  • Direktur Utama KAI, menuturkan Kereta Suite Class Compartment ini dihadirkan untuk menggaet penumpang ekonomi kelas atas.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmikan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Jakarta pada Selasa, 10 Oktober 2023. 

Kereta tersebut dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp, serta KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp. KAI memberikan tarif promo untuk Kereta mewah ini selama periode 10-31 Oktober 2023 dengan harga Rp1.950.000. 

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo menuturkan Kereta Suite Class Compartment ini dihadirkan untuk menggaet penumpang ekonomi kelas atas. Kereta ini didesain untuk memberikan privasi pelanggan secara maksimal. Setiap kereta memiliki 16 ruang pribadi yang lengkap dengan pintu geser otomatis seperti dilansir dari keterangan resmi.

Interior ruangan didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan yang lembut, menciptakan nuansa yang nyaman bagi para penumpang. Kereta Suite Class Compartment juga didekorasi dengan berbagai elemen-elemen yang terinspirasi dari suku Dayak.

Selain itu, kursi dalam kereta ini dapat direbahkan hingga 180 derajat, yang dapat difungsikan untuk menjadi tempat tidur. Kursi ini juga dapat diputar sesuai dengan arah perjalanan kereta, sementara kemiringan sandaran kepala, sandaran kaki, dan sandaran badan dapat disesuaikan sesuai keinginan. 

Selain itu, pelanggan juga dapat mengatur tingkat kehangatan kursi dan menikmati fitur pijat dengan berbagai pilihan teknik pijat. Terdapat juga baki lipat yang dapat digunakan sebagai meja makan atau meja kerja.

Di sekitar jendela, terdapat Train Onboard Infotainment System yang menyediakan berbagai film populer, musik dengan berbagai genre, dan saluran televisi nasional yang dapat dinikmati selama perjalanan. Pelanggan juga akan disajikan dengan layanan makanan yang meliputi hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta berbagai minuman dan layanan spesial lainnya

"Melalui hadirnya Kereta Suite Class Compartment, KAI ingin menciptakan customer experience yang exceptional dan extraordinary guna meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik. New customer experience yang sifatnya pengalaman pribadi dan privasi yang penuh dengan kemewahan," ujar Didiek.

Didiek melanjutkan, Kereta Suite Class Compartment diluncurkan dalam rangka merayakan HUT ke-78 KAI yang jatuh pada tanggal 28 September 2023. 

Kereta Suite Class Compartment merupakan konsep kelahiran kembali KA Bima atau KAI memaknainya dengan Bima Reborn, dimana dulu KA tersebut merupakan kereta api kelas tertinggi. 

Saat ini, 80% pelanggan KAI adalah Generasi Y dan Z yang selalu mencari pengalaman baru. Hadirnya Kereta Suite Class Compartment merupakan pengalaman baru yang terinspirasi oleh layanan eksklusif KA Bima di masa lalu.

“Kereta Suite Class Compartment merupakan suatu layanan yang sifatnya high-end. Yang merupakan suatu kelas yang lebih tinggi satu level dibandingkan kereta Luxury, dan ini sekelas dengan first class maskapai penerbangan kelas dunia,” kata Didiek.

Seiring dengan pandemi Covid-19 yang terus mereda, terdapat peningkatan tren belanja masyarakat kelompok menengah ke atas untuk hiburan dan wisata.

“Kami mendata bahwa keterisian Kereta Luxury selalu tinggi, sampai kita berencana akan menambah 11 kereta Luxury. Sehingga demand layanan kereta api kelas luxury dan di atasnya harus kita penuhi,” tutup Didiek.