(Dari kiri-kanan)Peneliti LPEM dan Asisten Profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia  Prani Sastiono, Ph.D - Head of Sustainability Grup GoTo Tanah Sullivan - Kepala LPEM FEB UI Chaikal Nuryakin - Ph.D  dalam acara peluncuran kajian terbaru Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) terhadap mitra GoTo di Jakarta 20 Juni 2023.
Foto

Kajian LPEM UI: Integrasi GoTo Bantu Mitra Pertahankan Pendapatan

  •  Di tengah situasi ekonomi yang menantang akibat pandemi dan kembalinya transaksi offline di tahun 2022, integrasi ekosistem teknologi mampu membuat mitra

Foto

Panji Asmoro

Di tengah situasi ekonomi yang menantang akibat pandemi dan kembalinya transaksi offline di tahun 2022, integrasi ekosistem teknologi mampu membuat mitra yang terlibat di dalamnya lebih tangguh. Ketangguhan tercermin dari pendapatan mitra yang cenderung konsisten atau meningkat.

Demikian kajian terbaru Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) terhadap mitra PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Chaikal Nuryakin, Ph.D Kepala LPEM FEB UI, dalam konferensi pers hari ini, mengatakan, “Tahun 2022, masyarakat secara umum masih menahan konsumsi, terlihat dari indeks pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang masih lebih rendah dari periode sebelum pandemi. Namun demikian, platform teknologi telah menjadi pilihan masyarakat untuk konsumsi. Sehingga, mitra ekosistem teknologi pendapatannya tetap konsisten atau meningkat.” 

Riset LPEM FEB UI menemukan bahwa mitra usaha Gojek dan GoTo Financial mengalami peningkatan pendapatan rata-rata 5%. Sementara, mitra penjual Tokopedia pendapatannya konsisten. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia