<p>Tesla Model 3</p>
Tekno

Kalahkan Mercedes, Tesla Jadi Mobil Mewah Paling Populer di AS

  • WASHINGTON- Mobil listrik Tesla sepertinya dinobatkan menjadi mobil mewah paling populer untuk tahun ini. Kepopuleran Tesla saat ini bahkan mengalahkan mobil me

Tekno

Rizky C. Septania

WASHINGTON- Mobil listrik Tesla sepertinya dinobatkan menjadi mobil mewah paling populer untuk tahun ini. Kepopuleran Tesla saat ini bahkan mengalahkan mobil mewah bikinan Jerman, Mercedes-Benz.

Kepopuleran Tesla sebagai mobil listrik mewah dapat dilihat dari data pembelian mobil masyarakat AS yang dikumpulkan oleh pentolan Tesla, Elon Musk baru-baru ini. Dari data tersebut, Musk menemukan bahwa masyarakat AS lebih banyak membeli Tesla daripada Mercedes-Benz.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Musk dari Badan Registrasi Kendaraan AS dari awal Januari hingga September 2021, ada sekitar 230.855. Sedangkan jumlah kendaraan Mercedes-Benz yang baru adalah sekitar Mercedes-Benz 213.708 buah.

Artinya, hingga September 2021, selisih antara pengguna Tesla dan Mercedes-Benz baru adalah kisan 20.000.

Meski demikian, Tesla masih kalah dibandingkan dua jenis mobil mewah populer lainnya yakni Leksus dan BMW.

Berdasarkan data, Lexus masih menempati urutan pertama sebagai mobil mewah populer yang paling diminati dengan jumlah pengguna kendaraan baru sekitar 259.237 unit. Menyusul dengan BMW.

Keterbatasan chip semikonduktor mempengaruhi

Sekedar informasi, saat ini industri otomotif bisa dibilang jauh dari normal. Hal ini terjadi lantaran menipisnya pasokan chip semikonduktor lantaran pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda.

Alhasil, sejumlah perusahaan mobil terkemuka termasuk Mercedes harus rela memangkas jumlah produksi kendaraannya.

Meski kalah di AS, penjualan Mercedes-Benz secara global masih menang dibanding dengan Tesla. Pada 2020, Mercedes berhasil menjual kisaran 2 juta unit kendaraan. Sedangkan Tesla hanya dapat membukukan penjualan di bawah 500.000 unit.

Meski begitu, dalah satu tahun, Tesla tampaknya berhasil mengejar ketertinggalan. Penjualan Tesla tumbuh dengan cepat lantaran adanya kampanye kendaraan anti emisi di seluruh dunia.

Mengutip Bussines Insider pada Jumat, 12 November 2021, Tesla bisa saja menjual sekitar 1 juta unit kendaraan pada tahun ini dan melampaui penjualan mobil mewah buatan Jerman sebelumnya.