Tekno

Kalahkan NASA, Para Mahasiswa Ini akan Daratkan Penjelajah AS Pertama di Bulan

  • Para mahasiswa di Carnegie Mellon University akan mengirimkan penjelajah bulan pertama Amerika ke bulan Mei ini. Mereka mengalahkan badan antariksa Amerika NASA sekitar satu tahun.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

PENNSYLVANIA-Para mahasiswa di Carnegie Mellon University akan mengirimkan penjelajah bulan pertama Amerika ke bulan Mei ini. Mereka mengalahkan badan antariksa Amerika NASA sekitar satu tahun.

Setelah 65 tahun eksplorasi bulan, Amerika Serikat akhirnya akan menempatkan penjelajah otonom pertamanya di bulan. Tetapi misi ini tidak akan dipimpin oleh para insinyur NASA. Sebaliknya, ini adalah gagasan dari sekelompok mahasiswa yang berdedikasi.

Penjelajah Iris dikembangkan oleh mahasiswa, fakultas, dan alumni di Universitas Carnegie Mellon di Pennsylvania selama rentang waktu tiga tahun.  Alat itu akan dibawa ke bulan sebagai bagian dari program Commercial Lunar Payload Services (CLPS) NASA. Upaya  badan tersebut untuk bermitra dengan industri ruang angkasa komersial. Awalnya, wahana dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir 2021 atau awal 2022, tetapi kemunduran dalam agenda bulan NASA menunda peluncuran hingga musim semi ini.

Misi tersebut mewakili penjelajah bulan pertama Amerika.  NASA sendiri baru akan menluncurkan penjelajah Viper tahun depan. Iris juga menjadi penjelajah pertama yang dikembangkan oleh mahasiswa.

Penjelajah seberat 2 kilogram ini memiliki sasis sebesar kotak sepatu, dan roda serat karbonnya seukuran tutup botol. Misinya selama 60 jam akan menjadi misi visual utama untuk mengambil gambar permukaan bulan guna studi geografis. Ini juga akan menguji teknik lokalisasi baru saat mengirimkan data tentang posisinya kembali ke Bumi.

Selain Iris, tim Carnegie Mellon berencana untuk mengirimkan instalasi seni yang disebut MoonArk. Sebuah kapsul waktu kecil berisi puisi, musik, gambar, dan benda-benda kecil. 

MoonArk dan rekan penjelajahnya  akan menumpang ke luar angkasa dengan roket centaur Vulcan dari United Launch Alliance.  Penerbangan ke permukaan bulan dilakukan oleh perusahaan luar angkasa Astrobiotic's Peregrine lander yang berbasis di Pittsburgh. Peluncuran saat ini dijadwalkan pada 4 Mei  dari Stasiun  Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

"Ratusan siswa telah menuangkan ribuan jam ke Iris," kata Raewyn Duvall, co peneliti di Universitas Carnegie Mellon dan komandan misi dalam sebuah pernyataan yang dikutip Live Science Senin 10 April 2023

"Kami telah bekerja selama bertahun-tahun menuju misi ini, dan memiliki tanggal peluncuran di kalender adalah langkah yang menarik."