Tiket Nonton Sudah Bisa Dibeli! Simak Sinopsis Oppenheimer dan Barbie di Sini Sebelum ke Bioskop
Hiburan

Kalahkan Oppenheimer, Barbie Peroleh Nominasi Film Terbanyak dalam Golden Globe Awards

  • Film komedi fantasi bertema serba pink asal Amerika Serikat, “Barbie” berhasil menduduki puncak daftar nominasi penghargaan Golden Globe Hollywood pada hari Senin. Barbie sukses mendapatkan sembilan nominasi. Capaian ini membuatnya lebih unggul melampaui film drama sejarah Oppenheimer yang menyabet delapan nominasi.

Hiburan

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Film komedi fantasi bertema serba pink asal Amerika Serikat, “Barbie” berhasil menduduki puncak daftar nominasi penghargaan Golden Globe Hollywood pada hari Senin. Barbie sukses mendapatkan sembilan nominasi. Capaian ini membuatnya lebih unggul melampaui film drama sejarah Oppenheimer yang menyabet delapan nominasi. 

Barbie dan Oppenheimer, keduanya dirilis dalam waktu yang bersamaan tampil dalam pertarungan box office musim panas yang dijuluki "Barbenheimer". 

Kali ini, keduanya akan berkompetisi dalam berbagai kategori di Globes, sebuah upacara karpet merah yang mengawali musim penghargaan Hollywood pada bulan Januari.

Dikutip TrenAsia.com dari laman Reuters pada Selasa, 12 Desember 2023, "Barbie," karya sutradara Greta Gerwig mengenai boneka ikonik tersebut, akan bersaing untuk film komedi atau musikal terbaik bersama "American Fiction," "The Holdovers," dan lain-lain.

Sementara "Oppenheimer" sedang dalam nominasi film drama terbaik. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai orang di balik pembangunan bom atom. Nominasi lain dalam kategori ini termasuk "Killers of the Flower Moon" karya Martin Scorsese. Film yang menceritakan kisah pembunuhan penduduk asli Amerika di Oklahoma pada tahun 1920-an.

Dalam kategori televisi, drama keluarga "Succession" memimpin semua seri dengan sembilan nominasi, diikuti oleh "The Bear" dengan lima nominasi. 

Tim Gray, mantan editor Variety yang kini menjadi wakil presiden eksekutif Globes, mencatat bahwa para nominasi mencerminkan lebih banyak keberagaman dan inklusi dibandingkan sebelumnya.

"Dua nominasi penyutradaraan adalah perempuan, separuh nominasi penulisan skenario adalah perempuan. Ada banyak keragaman ras dalam nominasinya," kata Gray.

Untuk diketahui, Golden Globe Awards adalah salah satu penghargaan yang diberikan setiap tahun untuk film dan program televisi Amerika Serikat.

Menjadi salah satu ajang penghargaan bergengsi di dunia, Golden Globe Awards diberikan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA).