iss.jpg
Gaya Hidup

Kalahkan Tom Cruise, Aktris Rusia Mulai Membuat Film di Stasiun Luar Angkasa

  • eorang aktris dan sutradara Rusia membuat sejarah sebagai orang pertama yang membuat film di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Yulia Peresild dan Klim Shipenko diluncurkan ke luar angkasa pada 5 Oktober 2021 dan sementara bergabung dengan astronot yang bekerja di ISS.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

MOSKOW-Seorang aktris dan sutradara Rusia membuat sejarah sebagai orang pertama yang membuat film di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS). Yulia Peresild dan Klim Shipenko diluncurkan ke luar angkasa pada 5 Oktober 2021 dan sementara bergabung dengan astronot yang bekerja di ISS.

Pasangan ini akan menggunakan ISS untuk memfilmkan Challenge, sebuah film yang diproduksi oleh Roscosmos, Channel One Rusia, dan studio film Yellow, Black, and White.  Filem akan menceritakan kisah seorang dokter  yang diperankan oleh Peresild  ketika melakukan perjalanan ke ISS untuk membantu kosmonot yang menderita penyakit jantung. 

Film sedang diproduksi bersama oleh Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin dengan melibatkan kosmonot Rusia yang sudah ada di stasiun luar angkasa. Channel One juga sedang mengerjakan film dokumenter, yang menunjukkan pelatihan kru dan persiapan peluncuran.

Saat berada di ISS, Peresild dan Shipenko akan melakukan pengambilan gambar, pencahayaan, akting, dan tata rias sendiri. Tugas-tugas yang biasanya tersebar di tim pekerja di belakang layar.

Mereka melakukan perjalanan ke ISS setelah dinyatakan sehat secara medis untuk terbang minggu lalu setelah menjalani empat bulan pelatihan jalur cepat. Pelatihan mencakup pelatihan penerbangan sentrifugal dan gravitasi nol. Kru cadangan termasuk sutradara Alexey Dudin, kosmonot Oleg Artemyev, dan aktris Alena Mordovina siap siaga.

Berbicara pada konferensi pers sebelum peluncuran, Peresild mengatakan pelatihan itu secara psikologis, fisik dan moral sulit. “Tetapi saya pikir begitu kami mencapai tujuan, semua itu akan tampak tidak begitu sulit dan kami akan mengingatnya dengan senyuman.”

Sebelum peluncuran, pejabat antariksa melaporkan bahwa semua sistem pesawat ruang angkasa berfungsi normal dan kru dalam keadaan sehat. Mereka lepas landas dari Kosmodrom Baikonur di Kazahkstan dengan kapsul awak Soyuz MS-19 bersama kosmonot Anton Shkaplerov, yang sebelumnya telah menyelesaikan tiga misi luar angkasa. Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam 17 menit, dan mereka mendekati ISS dalam pola putaran ganda.

Setibanya di ISS, Peresild, Shipenko, dan Shkaplerov disambut oleh Akihiko Hoshide dari Japan Aerospace Exploration Agency,  Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov dari Roscomos, Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa,  dan astronot NASA Megan McArthur, Shane Kimbrough, dan Mark T. Vande Hei.

Bagian Rusia dari ISS jauh lebih kecil daripada milik Amerika yang berarti akan sulit untuk difilmkan. Segmen diperluas pada bulan Juli setelah kedatangan modul lab baru, Nauka. Namun, itu belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam stasiun.

Para kru akan menghabiskan 12 hari di luar angkasa, sebelum kembali ke bumi dalam kapsul Soyuz pada 17 Oktober. Novitskiy akan mengambil alih kursi kapten untuk perjalanan kembali sementara  Shkapelrov akan tetap tinggal sampai musim semi 2022.

Tom Cruise dan sutradara Doug Liman sebenarnya dijadwalkan terbang ke ISS bulan ini dengan SpaceX Crew Dragon. Ini mirip dengan pesawat luar angkasa yang meluncurkan kru sipil pertama ke orbit Bumi selama tiga hari.

Namun, perjalanan itu tertunda hingga 2022. Film yang menghabiskan biaya US$200 juta dan belum diberi nama itu dikonfirmasi oleh NASA dan SpaceX milik Elon Musk. Dikatakan Cruise dan Liman akan memfilmkan semua adegan berbasis ruang angkasa di stasiun luar angkasa.