<p>Kantor PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) / Kalbe.co.id</p>
Korporasi

Kalbe Farma (KLBF) Targetkan Akuisisi 80 Persen Saham Aventis Pharma Rampung Akhir 2022

  • PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan mengakuisisi sebanyak 80% saham PT Aventis Pharma (Sanofi Indonesia).
Korporasi
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan mengakuisisi sebanyak 80% saham PT Aventis Pharma (Sanofi Indonesia) dengan membeli kepemilikan saham Sanofi Aventis Participations dan Hoechst GMBH. Direktur keuangan Kalbe Farma Bernadus Karmin Winata mengatakan aksi korporasi ini ditargetkan rampung kuartal IV-2022.

Bernadus menjelaskan akuisisi termasuk semua aset yang dimiliki oleh Sanofi Indonesia. Nantinya langkah strategis ini akan menghadirkan produk-produk yang selaras dengan portofolio Kalbe, terutama di kelas terapi fokus, seperti diabetes dan kardiovaskular, serta akses ke vaksin sebagai bagian dari strategi pertumbuhan Kalbe.

"Penyelesaian perjanjian diharapkan dapat diterapkan secara efektif pada kuartal IV- 2022," kata Karmin dalam acara Public Expose pada Selasa, 13 September 2022.

Karmin Winata mengungkapkan, Kalbe menyambut baik kolaborasi strategis ini dengan Sanofi sebagai perusahaan kesehatan global yang inovatif dengan penetrasi pasarnya yang kuat di Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi yang dilakukan dua perusahan ini berpotensi memperkuat inisiatif inovasi Kalbe di masa mendatang. Kemudian, penyelesaian perjanjian diharapkan dapat diterapkan secara efektif pada kuartal IV-2022 tahun ini dengan memenuhi persyaratan tertentu sebagai bagian dari Share Purchase Agreement (SPA).

Penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham untuk mengalihkan kepemilikan Penjual di PT Aventis Pharma kepada KLBF oleh ketiga belah pihak ini telah dilaksanakan pada 22 Juli 2022 lalu. Namun sampai saat ini penyelesaian transaksi ini masih bergantung pada pemenuhan beberapa persyaratan.