<p>Holy Wings memiliki restoran, bar, hingga klub malam / Holywings.com</p>
Nasional

Kaleidoskop 2022: 10 Peristiwa Nasional yang Jadi Trending Google Tahun 2022

  • Sejumlah peristiwa nasional ramai diberbincangkan oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Sejumlah peristiwa nasional ramai diberbincangkan oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

Adapun beberapa peristiwa yang menjadi trending di Indonesia merupakan bentuk dari perasaan simpati, euforia, maupun amarah bagi sebagian besar masyarakat.

Mengutip google trends Rabu, 21 Desember 2022, TrenAsia merangkum 10 peristiwa nasional yang banyak dibicarakan dan dicari oleh masyarakat dan menjadi trending dalam beberapa waktu.

Berikut adalah deretan peristowa nasional yang viral dan banyak dibicarakan masyarakat sepanjang tahun 2022.

1. Minyak goreng

Krisis minyak goreng yang melanda Indonesia pada Februari lalu menjadi salah satu isu nasional yang menyita perhatian khalayak. Pasalnya, Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan yang wajib ada di dapur masyarakat Indonesia.

Menurut keterangan, langkanya minyak goreng disebabkan lantaran kenaikan harga minyak goreng dunia dan macetnya arus logistik. Oleh sebab itu, meski posisi Indonesia sebagai salah satu penghasil minyak goreng, bahan baku ini seolah menghilang lantaran produsen lebih memilih untuk menjual ke luar negeri lantaran harganya lebih tinggi.

Kenaikan harga minyak goreng tak hanya membuat rumah tangga menjerit. Pedagang makanan pun tepuk jidat lantaran mereka harus menaikkan harga makanan yang mereka jual. Sementara, pandemi semakin bertambah parah.

Pada Maret hingga Juni, kelangkaan minyak goreng mencapai puncak. Beberapa supermarket hanya menyediakan minyak gireng dalam jumlah terbatas dan harga yang tinggi. Pun halnya dengan jumlah pembelian yang hanya memperbolehkan membeli satu bungkus per orang.

Hal ini kemudian membuat pemerintah turun tangan. Sejumlah insentif diturunkan agar masyarakat bisa membeli minyak goreng. Tak hanya itu, bahkan menteri perdagangan mencanangkan minyak kita, minyak goreng yang dibanderol dengan harga Rp13.000 per liter.

Saat ini, minyak goreng tak lagi langka. Hanya saja, harganya masih berada di atas Harga eceran sebelum krisis minyak goreng melanda tanah air.

2. Perubahan iklim

Perubahan iklim menjadi salah satu hal yang kembali diperbincangkan di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, sebagian masyarakat merasakan suhu siang hari yang lebih panas daripada biasanya.

Di sejumlah negara tropis lain seperti India dan Kuwait, suhu udara bahkan mencapai 50 derajat celcius. Lantaran hal tersebut, beberapa orang bahkan mengalami dehidrasi.

3. Gempa

Pada tahun 2022, gempa banyak mengguncang Indonesia. Hal ini disebabkan lantaran ketiga lempeng tektonik yang ada di bawah laut indonesia secara aktif bergeser.

Ini tentunya menyebabkan gempa. Sepanjang 2022 sendiri tercatat setidaknya ribuan kali gempa di Indonesia baik dalam skala kecil maupun besar.

Pada awal tahun, gempa mengguncang banten yang menyebabkan 700 unit rumah di 113 desa rusak, termasuk sarana pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah.

Untuk bulan Februari, tidak ada data pasti terkait total jumlah gempa bumi yang terjadi di sepanjang Februari. Namun, BMKG Provinsi Jawa Barat menyebut ada setidaknya 70 kali gempa di provinsi tersebut di bulan Februari 2022. Meskipun, kekuatannya tidak terlalu kuat dan rata-rata bermagnitudo 2 hingga 3.

Di bulan Maret 2022, gempa mengguncang Nabire, Papua dengan magnitude 4,9. Pusat gempa berada luat, tepatnya 45 km barat daya Nabire di kedalaman 20 km. Sementara itu Jawa Barat dilanda 95 kali gempa di bulan tersebut.

Pada April 2022, beberapa wilayah di Indonesia dilanda gempa. Gempa terjadi di Lampung pada 11 April 2022. Gempa bermagnitudo 3,9 dan berpusat di kedalaman 55 km. Gempa bermagnitudo 4,8 juga terjadi di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 April 2022. Gempa pukul 12 malam ini tidak berdampak apa pun.

Di akhir April, tepatnya pada 29 April, gempa juga terasa di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Gempa tersebut berskala kecil, yakni magnitudo 2,3. Selanjutnya, gempa bermagnitudo 6,5 mengguncang Maluku pada 27 Mei 2022. Dikutip dari iNews.id, pusat gempa berada di kedalaman 104 km dan 85 km barat daya Maluku.

Beranjak ke bulan November 2022, salah satu gempa destruktif terjadi pada 21 November 2022 yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 ini menewaskan lebih dari 100 orang dan memaksa sekitar 5.400 masyarakat untuk mengungsi. Tidak hanya di Cianjur, gempa juga terasa hingga ke Bogor dan Jakarta.

4. Gejala omicron

Kembali naiknya jumlah penderita COVID-19 pada awal tahun membuat resah masyarakat. Terlebih, varian baru Omicron yang disebut lebih gampang menular sudah masuk ke tanah Air.

Meski tak seburuk varian Delta, masuknya Omicron ke Indonesia membawa dampak yang cukup besar bagi ekonomi masyarakat di awal tahun. Sebab, kala itu pemerintah masih melakukan pembatasan aktivitas sehingga roda ekonomi terganggu sebelum akhirnya kembali pulih.

5. Kanjuruhan

Tragedi di stadion kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu  membawa duka besar bagi masyarakat indonesia, khususnya pecinta bola. Di dunia, tragedi kanjuruhan bahkan dinobatkan sebagai tragedi sepakbola terbesar kedua di dunia sehingga mendapat perhatian FIFA.

Tragedi kanjuruhan bermula ketika liga  Persebaya mengalahkan Arema 3-2. Setelah laga selesai sekitar 10 suporter memasuki lapangan sehingga memancing aksi dari pihak pengamanan. Tanpa selang waktu lama, kerusuhan terjadi di tengah lapangan. Petugas yang ada di tengah lapangan melemparkan gas air mata ke tribun sehingga kondisi semakin tak kondusif.

Pada tragedi ini, 135 orang kehilangan nyawanya. Ironisnya, kebanyakan dari mereka adalah remaja berusia 10-19 tahun.

6. Tenggelamnya Anak Ridwan Kamil

Hilangnya anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril di Sungai Aare, Bern, Swis menjadi peristiwa viral di tanah air.

Selang dua pekan hilang, Jenazah Eril diketamukan tersangkut di bendungan Engehalde, 5 kilometer dari titik hilangnya Eril.

Sebelumnya, Eril yang kala itu berada di Swiss untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dikabarkan hanyut saat berenang bersama keluarganya. Sehari setelah diketemukan, Jenazah Eril langsung dibawa pulang ke tanah air untuk disemayamkan.  

7. Piala Presiden 2022

Digelarnya piala Presiden 2022 setelah vakum selama kurang lebih 2 tahun lantaran pandemi COVID-19 menjadi salah satu peristiwa yang banyak dibicarakan.

Perlu dikaetahuim Piala Presiden 2022 merupakan edisi kelima dari Piala Presiden yang diselenggarakan oleh PSSI sebagai turnamen pra-musim untuk Liga 1 2022–2023. Turnamen ini dimulai pada tanggal 11 Juni dan berakhir pada tanggal 17 Juli 2022.

Arema merupakan juara bertahan Piala Presiden musim 2019. Mereka mengalahkan Borneo Samarinda dengan skor agregat 1-0 di final untuk mengunci gelar juara ketiga secara keseluruhan dan gelar juara kedua berturut-turut.

8. Persib

Persib menjadi salah satu klub bola yang trending dan menjadi pembicaraan di Google tren pada 2022.  Adapun yang banyak dicari mengenai persip terkait perihal jadwal main persib baik di Liga 1 maupun piala presiden.

9. Holywings

Kejayaan klub malam yang tengah naik daun, Holywings harus berakhir setelah insiden penistaan oleh tim marketing.

Pada Juni lalu, instagram Holywings menyebut bahwa customer dengan nama muhammad akan diberi gratis minuman keras. Hal inilah yang kemudian memancing ummat muslim yang menganggap minuman keras tak sejalan dengan ajaran Islam.

Buntut kasus tersebut, izin operasi Holywings dicabut untuk selamanya. Meski demikian, tempat hiburan malam tersebut dikabarkan kembali beroperasi dengan menggunakan nama lain.

10. Lokasi vaksin covid terdekat

Pada 2022, Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk melakukan vaksin booster ketiga. Lantaran hal ini, masyarakat banyak mencari dimana lokasi vaksin yang bisa mereka datangi.