Orasi Anies Baswedan di JIS, Sabtu 10 Februari 2024
Nasional

Kampanye Akbar, Anies: JIS Tak Pernah Sepenuh Ini

  • Acara kampanye akbar di JIS tersebut mengambil tajuk “Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah”. Stadion JIS yang berkapasitas 82 ribu orang itu dipenuhi oleh para pendukungnya dalam acara tersebut.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggelar rapat akbar atau kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu 10 Februari 2024. Kampanye akbar tersebut sekaligus menjadi penutup serangkaian kampanye yang telah dimulai sejak 28 November 2023 lalu sebelum memasuki masa tenang.

“Belum pernah menyaksikan JIS dipenuhi orang sebanyak ini belum pernah juga rapat akbar politik dipenuhi orang sebanyak ini dari seluruh Indonesia,” kata Anies dalam orasi politiknya, Sabtu. Acara kampanye akbar di JIS tersebut mengambil tajuk “Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah”. Stadion JIS yang berkapasitas 82 ribu orang itu dipenuhi oleh para pendukungnya dalam acara tersebut.

Tidak hanya di dalam, para pendukungnya yang menghadiri kampanye akbar itu juga meluber hingga ke luar area stadion. Mereka menonton suasana dan orasi yang dilakukan di dalam stadion dengan melalui layar lebar yang telah disediakan. Para pendukung Capres-Cawapres nomor urut 1 itu juga memakai berbagai atribut partai dan atribut pasangan Anies-Cak Imin.

Dalam orasinya di JIS, Anies mengajak para pendukungnya untuk bersama-sama memperjuangkan hingga tuntas gerakan perubahan yang dicanangkannya. “Perubahan ini harus kita perjuangkan sampai tuntas,” paparnya. Dirinya berharap bahwa empat hari kedepan merupakan hari yang penuh kemudahan dan berakhir pada kemenangan. Anies akan memperingatinya sebagai Hari Perubahan Indonesia jika kelak dirinya menang.

Soal jumlah pengunjung, sebelumnya jumlah pemesan tiket acara Kumpul Akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tercatat mencapai 3,5 juta orang. Platform pemesanan tiket hiburan bernama Goers mencatat angka tersebut dalam kurun waktu hitungan menit saja setelah pemesanan tiket dibuka. Jumlah tersebut melebihi jumlah pemesanan tiket pada konser musik Coldplay.

“Ini rekor melebihi saat penjualan war tiket atau konser lainnya,” kata Co-founder Goers Niki dalam keterangan resminya, Rabu 7 Februari 2024. Niki menyampaikan bahwa penjualan tiket dalam acara tersebut dibuka pada Rabu sekira pukul 11.11 WIB dan langsung diserbu jutaan orang. Akibatnya, laman pemesanan tersebut harus menampung waiting list hingga empat jam lamanya.

Sebagai perbandingan, Niki mengatakan Loket.com sebagai platform penyedia tiket konser Coldplay hanya melayani sejumlah 1,5 juta orang pada sesi pertama. Terkait banyaknya pemesan tiket acara tersebut, Niki mengatakan bahwa dalam laman akan muncul notifikasi untuk mengantre hingga beberapa jam ke depan. Pemberitahuan tersebut diterima oleh kebanyakan pemesan tiket yang memesan melalui aman goers.co/kumpulakbar.