Head of Corporate Communication ASII, Boy Kelana workshop astra bekasi
Industri

Kampung Berseri Astra Pekayon Bekasi Targetkan jadi Kampung Wisata Lingkungan 2027

  • Suasana asri, bersih dan lestari begiitu terasa saat memasukin kawasan Kampung Berseri Astra (KBA) di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat. KBA ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi kampung wisata peduli lingkungan pada 2027.
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Suasana asri, bersih dan lestari begiitu terasa saat memasukin kawasan Kampung Berseri Astra (KBA) di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat. KBA ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi kampung  wisata peduli lingkungan pada 2027.

Ketua KBA Pekayon Bekasi Eko Purwanto menyebutkan, target ini telah masuk ke dalam roadmap untuk meningkatkan keberlanjutan peduli lingkungan bersama PT Astra Internasional Tbk (ASII).

"Astra mempunyai aspirasi berkelanjutan hingga 2030 dan kami memiliki target untuk mengembangkan Kampung wisata peduli lingkungan di 2027," katanya dalam Workshop Astra 2023 di Bekasi pada Kamis, 23 November 2023.

Kampung wisata peduli lingkungan pada 2027, nantinya akan menjadi kampung wisata edukasi di mana pengunjung akan banyak belajar memitigasi dampak perubahan iklim yang saat ini sudah mengkhawatirkan.

Lebih lanjut Eko menceritakan, awal mulanya kerjasama bersama Astra dimulai pada 2015 untuk membangun KBA yang mengakselerasi penataan lingkungan.

Di mana kerja sama meliputi pengajaran kepada warga setempat untuk lebih peduli dengan lingkungan dimulai dari menanam pohon, memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk lahan hijau, membuat kerajinan yang bisa dijual para UMKM.

Juga membuat kompos dari sampah sehari-hari, tak ketinggalan mendidik anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan hingga menata kampung menjadi lingkungan yang asri dan bersih juga dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Corporate Communication ASII, Boy Kelana Subroto mengatakan, Kampung Berseri Astra Pekayon salah satu KBA dari 194 kampung KBA yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Astra juga membina beberapa Desa Sejahtera Astra yang jumlahnya mencapai 1.060. Kampung Berseri Astra adalah kampung yang mengintegrasikan bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan,"katanya

Sebagai informasi, Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan empat pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Dalam KBA, ada empat pilar program yang didukung oleh Astra, yakni lingkungan, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Dalam rangka mendukung keempat pilar tersebut, Astra memberikan banyak bantuan fasilitas kepada KBA Pekayon, mulai dari alat-alat pertanian hingga pelatihan bagi anggota KBA.