Kapal Amfibi Amerika Terbakar
Nasional & Dunia

Kapal Amfibi Amerika Terbakar

  • SAN DIEGO-Sedikitnya 21 orang  terluka setelah kapal amfibi USS Bonhomme Richard (LHD-6) milik Angkatan Laut Amerika terbakar di pangkalan San Diego Minggu 12 Juli 2020 waktu setempat. Krishna Jackson, juru bicara Angkatan Laut Amerika mengatakan Bonhomme Richard adalah sebuah kapal serbu amfibi dan kapal induk ringan Kelas Essex yang sedang berlabuh untuk pemeliharaan terjadwa. Alarm […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SAN DIEGO-Sedikitnya 21 orang  terluka setelah kapal amfibi USS Bonhomme Richard (LHD-6) milik Angkatan Laut Amerika terbakar di pangkalan San Diego Minggu 12 Juli 2020 waktu setempat.

Krishna Jackson, juru bicara Angkatan Laut Amerika mengatakan Bonhomme Richard adalah sebuah kapal serbu amfibi dan kapal induk ringan Kelas Essex yang sedang berlabuh untuk pemeliharaan terjadwa. Alarm kebakaran pada kapal dilaporkan mengema pada pukul 08.51 waktu setempat.

Belum ada berita tentang penyebab kebakaran. Dalam akun twitter-nya Departemen Pemadam Kebakaran San Diego mengatakan beberapa pelaut sedang dirawat karena berbagai cedera  termasuk setidaknya satu cedera akibat ledakan.

USS Bonhomme Richard ditugaskan pada tahun 1998 dan menghabiskan enam tahun di Jepang sebagai bagian dari Angkatan Laut Amerika yang ditempatkan di negara Asia tersebut.

Insiden besar terakhir kapal Angkatan Laut Amerika di San Diego terjadi pada tahun 2018 saat salah satu dermaga kering yang menahan kapal yang sedang diberbaiki USS Miguel Keith kebanjiran, menyebabkan kerusakan signifikan pada kapal.

Kebakaran USS Bonhomme Richard bisa menjadi yang terburuk sejak yang melanda kapal selam nuklir USS Miami pada tahun 2012. Bedanya USS Bonhomme Richard adalah kapal bertenaga konvensional. Namun USS Bonhomme Richard merupakan salah satu dari hanya sembilan kapal amfibi besar milik angkatan laut. Ini adalah aset strategis dan sangat mahal yang menyediakan kemampuan proyeksi kekuatan udara dan amfibi besar saat beroperasi di luar negeri.