Dr. Syed Naqvi, seorang ahli paru, mengenakan masker N95 sebelum memasuki ICU di Rumah Sakit SSM Health St. Anthony (Reuters/Nick Oxford)
Dunia

Kasus COVID-19 Naik Lagi, AS Wajibkan Pengunjung RS Pakai Masker

  • Data mingguan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan ada lebih dari 29.000 rawat inap akibat COVID di seluruh Amerika Serikat dari 17-23 Desember 2023, naik lebih dari 16% dari minggu sebelumnya. CDC juga melaporkan lebih dari 14.700 rawat inap flu dalam periode yang sama.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Beberapa rumah sakit di setidaknya empat negara bagian di Amerika Serikat (AS) telah kembali menerapkan kewajiban penggunaan masker. Hal itu seiring dengan meningkatnya kasus COVID, flu musiman, dan penyakit pernapasan lainnya.

Fasilitas kesehatan di New York, California, Illinois, dan Massachusetts telah mewajibkan penggunaan masker di antara pasien dan penyedia layanan.

Komisaris Kesehatan Kota New York Dr. Ashwin Vasan, mengatakan kepada WABC TV pada Rabu, 3 Januari 2024, bahwa kewajiban penggunaan masker telah diberlakukan kembali di semua 11 rumah sakit umum, 30 pusat kesehatan, dan lima fasilitas perawatan jangka panjang di kota tersebut.

“Yang tidak kita inginkan adalah kekurangan tenaga kerja, bukan? Ketika kita melihat gelombang omicron pada tahun 2022, masalah terbesar bukan hanya orang sakit, tetapi banyak pekerja kesehatan garis depan yang absen karena COVID,” kata Vasan kepada WABC, yang dikutip dari Reuters, Kamis, 4 Januari 2024.

Data mingguan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan ada lebih dari 29.000 rawat inap akibat COVID di seluruh Amerika Serikat dari 17-23 Desember 2023, naik lebih dari 16% dari minggu sebelumnya. CDC juga melaporkan lebih dari 14.700 rawat inap flu dalam periode yang sama.

Kewajiban penggunaan masker menjadi titik tegang politik dan budaya selama pandemi COVID, memicu kemarahan di kalangan mereka yang menentang saran medis dan merasa penggunaan masker tidak banyak membantu menekan penyebaran penyakit.

Mahkamah Agung yang didominasi oleh kalangan konservatif menolak mandat vaksinasi atau tes COVID yang diterapkan oleh Presiden Joe Biden untuk perusahaan, dan seorang hakim yang ditunjuk oleh pendahulunya dari Partai Republik menolak mandat penggunaan masker di transportasi umum yang dia terapkan.

Ada juga kebencian yang mendalam di antara mereka yang menggunakan masker dan merasa kesehatan mereka terancam oleh mereka yang tidak menggunakan masker.

Angka CDC menunjukkan, lebih dari 1,1 juta orang Amerika telah meninggal karena COVID, tingkat yang lebih tinggi daripada kebanyakan negara kaya lainnya.

Sistem medis Rush University di Chicago mengatakan pada Selasa, 2 Januari 2024, mereka mewajibkan pasien, pengunjung, dan staf untuk memakai masker yang disetujui rumah sakit di beberapa area kampus. Ini termasuk ruang tunggu klinis dan pendaftaran pasien.

Cook County Health, yang mencakup Chicago, dan Endeavor Health di pinggiran kota Chicago, bulan lalu mulai mewajibkan penggunaan masker kembali, setelah Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois meminta rumah sakit untuk meningkatkan upaya mitigasi di beberapa area, termasuk penggunaan masker di seluruh fasilitas.

Menurut pernyataan resmi, di Massachusetts, Berkshire Health Systems mulai memberlakukan kewajiban penggunaan masker pada Rabu.

Di California, County Los Angeles pada Sabtu, 30 Desember 2023, kembali mewajibkan penggunaan masker di semua fasilitas kesehatan berlisensi, sesuai dengan pernyataan dari pihak county kepada City News Service. Departemen kesehatan county tidak segera merespons permintaan komentar.