Belum Usai Cacar Monyet, Kini Muncul Wabah Flu Tomat Misterius pada Anak-Anak India
Dunia

Kasus Pertama! Flu Burung Menginfeksi Manusia Di Chili

  • Kementerian Kesehatan Chili mendeteksi kasus flu burung yang menginfeksi manusia untuk pertama kalinya.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

SANTIAGO- Kementerian Kesehatan Chili mendeteksi kasus flu burung yang menginfeksi manusia untuk pertama kalinya.

Mengutip Reuters Kamis, 30 Maret 2023, kasus tersebut terdeteksi pada seorang pria berusia 53 tahun yang menunjukkan gejala influenza parah. Namun dalam sebuah pernyataan, kondisi pria yang terdeteksi teinfeksi virus flu burung tersebut masuh dalam kondisi stabil.

Setelah menemukan kasus infeksi flu burung pertama pada manusia, pemerintah Chili juga menyelidiki sumber penularan serta orang lain yang pernah kontak dengan pasien.

Perlu diketahui, virus flu burung muncul di dunia pada awal tahun 2000an dan menggemparkan dunia. Virus ini sebelumnya diketahui hanya menginfeksi unggas dan tak berbahaya bagi manusia.

Menurut ahli, manusia akan tetap aman mengkonsumsi daging unggas yang terkena flu burung degan catatan harus dimasak dengan benar dan dalam suhu tinggi.

Di Chili sendiri, kasus flu burung H5N1 dilaporkan ada di negara tersebut sejak akhir tahun lalu pada hewan liar.

Kasus terbaru ditemukan di peternakan industri dan menyebabkan pemerintah menghentikan ekspor unggas. Kasus flu burung pada industri peternakan juga dilaporkan terdeteksi di Argentina.

Otoritas kesehatan Chili mencatat virus itu dapat ditularkan dari burung atau mamalia laut ke manusia. Sedangkan penularan antara manusia ke manusia belum ditemukan jawabannya.