Kawasan Tegalega Ditata, Tidak Ada Toleransi Bagi PKL yang Tolak Relokasi
Nasional

Kawasan Tegalega Ditata, Tidak Ada Toleransi Bagi PKL yang Tolak Relokasi

  • Sebanyak 207 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tegalega telah direlokasi ke lokasi penataan PKL yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni di dalam Taman Tegalega.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sebanyak 207 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tegalega telah direlokasi ke lokasi penataan PKL yang telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yakni di dalam Taman Tegalega. Atas hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi para PKL yang telah berkolaborasi dengan Pemkot Bandung.

Ema menyebut para PKL telah berdagang di dalam Taman Tegalega, walaupun proses penataan masih dalam pengerjaan.

"Walaupun ini belum selesai karena tenda yang nanti akan mendapatkan bantuan dari Mayora itu masih sedang berproses. Mungkin dalam waktu dekat," kata Ema Sumarna, seperti yang dikutip Trenasia pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Ia juga menambahkan bahwa konsep penataan ini sudah sesuai dengan apa yang pihaknya rancan dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh PKL. Jadi hal ini bisa dianggap telah ‘clear’ dan sudah tampak para PKL yang pindah.

Namun, Ema menyebut masih ada sekitar 60 PKL yang masih berjualan di luar area Tegalega dan belum mau pindah ke lokasi penataan. Untuk itu, Ema mengatakan akan memberikan waktu sepekan kepada para PKL untuk pindah. Apabila dalam waktu yang telah ditentukan PKL belum pindah maka, kata dia, Satpol PP akan menertibkannya.

Ema juga mengatakan bahwa pihaknya memberikan toleransi bagi para PKL yang masih berjualan di luar Tegalega yang bergeser ke wilayah barat, nanti juga akan ditata sama persis dengan apa yang ada di timur. Menurut Ema, tidak ada toleransi bagi para PKL yang tidak mau direlokasi. Karena sebelumnya, sudah ada kesepakatan antara Pemkot Bandung dan para PKL Tegalega untuk proses relokasi tersebut.

"Tidak ada toleransi mereka bertahan. Kalau tidak mau masuk konsep penataan pasti kita akan tertibkan," tegasnya.

Ema berharap, penataan PKL Tegalega dapat mewujudkan Bandung yang tertib dan nyaman bagi masyarakat. Ia juga berharap ketika proses penataan ini selesai dilaksanakan baik di area barat dan timur, maka kerapian dan keindahan secara bertahap akan bisa terwujud.

Perlu diketahui bahwa saat ini PKL Kawasan Tegalega berjumlah 482 PKL. Para pedagang itu terbagi dalam 2 zona, yaitu 207 PKL Tegalega Timur (Jalan Moh Toha) dan 275 PKL Tegalega Barat (Jalan Otista). PKL Tegalega menjual berbagai macam dagangan, di antaranya makanan, aksesoris, sayuran, dan buah-buahan.