Warren_Buffett_KU_Visit.jpg
Pasar Modal

Kaya Berkat Saham, Intip Portofolio Warren Buffet Saat Ini

  •  OMAHA- Warren Buffet menjadi salah satu miliarder yang kekayaannya berasal dari investasi saham. Mampu melihat pasar dengan baik, pria berjulukan Oracle o

Pasar Modal

Rizky C. Septania

OMAHA- Warren Buffet menjadi salah satu miliarder yang kekayaannya berasal dari investasi saham. Mampu melihat pasar dengan baik, pria berjulukan Oracle of Omaha ini mampu menggandakan harta yang ia miliki.

Portofolio miliknya dijalankan oleh firma yang dibuatnya sendiri, Bershire Hathway. Adapun metode andalan Buffet saat investasi saham adalah menahannya dalam jangka panjang sebelum akhirnya menjual kembali.

Taruhan Buffet untuk menggandakan harta miliknya ada di beberpa portofolio di berbagai sektor. Termasuk diantaranya perbankan, pangan, energi hingga teknologi.

Mengutip Insider Kamis, 23 Februari 2023, berikut adalah daftar portofolio Warren Buffet yang sukses membuat hartanya melonjak tahun ini.

1. Paramount Global

Tahun ini jumlah sahamnya di Paramount Global naik 37,5%. Lewat Berkshire Hathway, Buffet kini menggenggam 15,4% kepemilikan di perusahaan industri film, Paramount Global. Secara keseluruhan, Paramount mewakili 0,7% porsi dari keseluruhan portofolio Buffet.

2. Floor and Decor Holdings

Buffet menambah jumlah sahamnya pada peritel lantai ini sebanyak 27,2% dari jumlah awal. Saat ini, Berkshire Hathway memegang 4,5% kepemilikan di Floor And Decor Holdings.

Jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan portofolio, Floor and Decor Holdings mengambil porsi 0,1% dari jumlah keseluruhan portofolio Buffet.

3. Ally Financial

Buffet menambah jumlah sahamnya di Ally Financial sebesar 23,3%. Kini, investor berusia 95 tahun ini memegang 10% kepemilikan di bank tersebut.

Secara keseluruhan, Ally financial memenuhi 0,3% dari keseluruhan portofolio yang dimiliki Buffet.

4. General Motors

Buffet menambah jumlah sahamnya atas General Motors sebesar 22,1%. Kini, investor berusia 95 tahun ini memegang 3,6% kepemilikan di perusahaan tersebut.

Secara keseluruhan, General Motors memenuhi 0,6% dari keseluruhan portofolio yang dimiliki Buffet.

5. RH

Buffet menambah jumlah sahamnya di pengecer furnitur RH sebesar 21,18%. Kini, ia menggenggam 9,9% kepemilikan di perusahaan itu. Secara keseluruhan, porsi RH terhadap portofolionya adalah sebesar 0,2%.

Saham yang dipangkas

Menambah kuota sejumlah potofolio, Buffet juga dilaporkan memangkan saham yang ditanamnya pada 3 perusahaan saat memasuki kuartal akhir.

Pertama, ia memotong sahamnya di Taiwan Semiconductor sebesar 86%, menandai langkah yang tidak biasa yang menyebabkan saham turun.

Kemudian, investor terkenal itu memotong sahamnya di US Bancorp sebesar 91% menjadi kurang dari 7 juta saham senilai sekitar US$300 juta.

Demikian pula, itu mengurangi kepemilikan BNY Mellon sekitar 60%, menjadi sekitar 25 juta saham senilai sekitar US$1,1 miliar pada akhir tahun 2022.