Korporasi

KB Bukopin Joint Financing dengan SKBF Sediakan Kredit Mobil Listrik Hyundai

  • Pihak KB Bukopin dan SKBF melakukan penandatanganan kerjasama autoloan ini di kantor cabang bank di Menara Skyline, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juli 2022.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) (Persero) menjalin kerja sama joint financing dengan PT Sunindo Kookmin Best Finance (SKBF) untuk menyediakan pembiayaan atau kredit (autoloan) mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Creta.

Pihak KB Bukopin dan SKBF melakukan penandatanganan kerjasama autoloan ini di kantor cabang bank di Menara Skyline, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Juli 2022.

Dalam acara penandatanganan tersebut, Wakil Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong mengatakan bahwa kerja sama joint financing antara pihaknya dengan SKBF dapat membuka peluang untuk meningkatkan penjualan mobil Hyundai.

Lewat kerja sama ini, KB Bukopin pun dapat menghadirkan alternatif lain dari produk pembiayaan kendaraan bermotor kepada masyarakat Indonesia dengan skema yang lebih menarik, biaya kredit kompetitif, transparan, serta proses kredit yang cepat.

"Melalui program autoloan, KB Bukopin dan SKBF dapat menjangkau berbagai macam segmen new-customer yang berasal dari customer based kedua belah pihak. KB Bukopin juga berharap dapat meningkatkan portofolio consumer loan dengan karakter secure loan," ujar Robby.

Sementara itu, Consumer Product Division Head KB SKBF Zico Hernawan menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini, pihaknya menyediakan 38 penjual resmi Hyundai sebagai dealer partner KB Bukopin.

Lewat kerja sama ini juga, nasabah KB Bukopin dapat melakukan test drive sebelum membeli produk mobil Hyundai. Oleh karena itulah Zico berpendapat bahwa kerja sama ini tidak hanya menguntungkan bagi kedua belah pihak yang menandangani nota kesepahaman, melainkan juga nasabah dari KB Bukopin.

"Kerja sama ini adalah kerja sama yang menguntungkan seluruh pihak. Dari KB Bukopin, kita punya autoloan yang baik. Kemudian, nasabah bisa melakukan test drive," kata Zico.

Ditambahkan, sejauh ini sudah ada 2 nasabah prioritas KB Bukopin yang menandatangi SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk mobil Hyundai Ioniq 5 dan Creeta.

Sebagai informasi, KB Bukopin telah menjalin kerja sama dengan Hyundai Motor Indonesia pada kuartal I-2022 lewat pembiayaan purchase order unit kendaraan ke Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Hyundai Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model mobil listrik Hyundai mendominasi penjualan electric vehicle dengan pangsa pasar sebesar 87,3% yang mana Hyundai Ioniq 5 yang baru saja dipasarkan Indonesia International Motor Show pada tahun 2022 telah membukukan pesanan sebanyak 1.700 unit.