Nampak sejumlah penumpang KRL Commuter Line di Jakarta, Selasa 20 Juni 2023. Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek kini tidak wajib mengenakan masker. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

KCI Impor KRL dari China, Siap Angkut Penumpang di Semester I-2025

  • PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mengatakan KRL pertama yang diimpor dari China baru datang ke Indonesia 13,5 bulan dari penandatanganan kerja sama, namun baru dioperasikan 3 bulan setelah kedatangan atau di semester I-2025.
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA  -  PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mengatakan KRL pertama yang diimpor dari China baru datang ke Indonesia 13,5 bulan dari penandatanganan kerja sama, namun baru dioperasikan 3 bulan setelah kedatangan atau di semester I-2025.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebut, menyebutkan ada perubahan dari target awal di 2024, sehingga trainset pertama akan datang 13,5 bulan lagi, dan total pengiriman 3 trainset lain setidaknya rampung dalam 15 bulan.

"Tidak mungkin (datang) di tahun 2024, di 2025. Jadi datang pertama itu 13,5 bulan datang sampai di Indonesia untuk yang impornya, ditambah nanti kita akan melakukan uji sepanjang 4.000 km," ungkapnya di kantor KCI Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024

Kata Anne, KCI sempat berkomunikasi dengan J-TREC Jepang dan 2 perusahaan dari Korea Selatan yaitu Woojin dan Dawonsys sebelum akhirnya memutuskan bekerja sama dengan perusahaan China, CRRC Sifang, yang juga memproduksi kereta cepat Whoosh.

Setelah datang ke Indonesia, KRL impor tersebut akan diujicobakan terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan. Trainset KRL ini akan datang secara bertahap hingga 15 bulan mendatang. Hal ini disebabkan dalam 1 trainset tersebut terdapat 12 car atau gerbong.

Adapun, sebelumnya PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) meneken kerja sama pengadaan sarana Kereta Rel Listrik (KRL) baru dengan CRRC Sifang Co, Ltd. Penandatanganan kontrak kedua belah pihak tersebut dilakukan di Beijing, China pada Rabu, 31 Januari 2024. Sebanyak tiga rangkaian KRL baru yang dibeli oleh KAI Commuter tersebut bertipe KCI-SFC120-V. 

Ketiga rangkaian KRL dari Negeri Tirai Bambu tersebut bernilai Rp783 miliar. Pengadaan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pemenuhan sarana KRL Jabodetabek yang dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama para pihak lainnya pada Juni 2023.