Suasana permukiman penduduk yang hangus terbakar dari dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta.  Dalam Kejadian ini tercatat  17 meninggal dunia, 49 luka berat,2 luka sedang dan 3 lagi masih dalam pencarian. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Kebakaran Plumpang, Pengamat Nilai Ahok Masih Sebagai Gubernur DKI Bukan Komut Pertamina

  • Pengamat Ekonomi dan Energi asal UGM, Fahmy Radhi sebut kalau Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih berbicara layaknya Gubernur DKI Jakarta, bukan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) dalam insiden kebakaran Plumpang.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Pengamat Ekonomi dan Energi asal UGM, Fahmy Radhi sebut kalau Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih berbicara layaknya Gubernur DKI Jakarta, bukan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) dalam insiden kebakaran Plumpang.

Itu seperti yang disampaikan Fahmy dalam postingan di akun Instagramnya @fahmyradhi Minggu, 5 Maret 2023.

“Ahok sekarang mestinya ngomong bobroknya safety system Pertamina yang menyulut kebakaran dahsyat renggut 17 nyawa rakyat tidak berdosa ketimbang ngomong pemberian IMB di Plumpang.” tulis Fahmy dalam postingan.

Diketahui, saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ahok telah memperingatkan soal pemberian Ijin Membangun Bangungan atau IMB bagi para warga di sekitaran Depo Pertamina yang berlokasi di Plumpang, Jakarta Utara.

Setelah jabatan Gubernur digenggam Anies Baswedan, Ahok pun sempat memberikan kritik kepadanya soal janji manis yang dilontarkan kala kampanye soal pembebasan lahan di sekitaran Depo Pertamina.

"Biasanya, calon ini kan saya bilang dia enggak kuasai data. Saya bilang Pak Anies, tim suksesnya minta saja data sama kita. Kita kan open data," kata Ahok.

Sementara itu, politikus asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyebut kalau kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang Sabtu, 4 Maret 2023 bukan disebabkan karena IMB ataupun Ahok.

"Penyebab kebakaran bukan KTP, penyebab kebakaran bukan IMB. Jangan juga salahkan komisarisnya. Biarkan para ahli mengaudit dan mengusut internal teknis Pertamina," kata Mardani dalam akun Twitter resminya @MardaniAliSera Senin, 6 Maret 2023.

Kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang pun disebut berasal dari ledakan pipa BBM. Pipa diduga meledak karena tersambar petir yang kemudian menimbulkan api dan merembet hingga ke perumahan warga di sekitar depo.