Ilustrasi perdagangan aset kripto
Pasar Modal

Kebangkrutan Silicon Valley Bank Masih Masih Mendorong Kripto Bitcoin dkk ke Zona Hijau

  • Menurut pantauan Coin Market Cap, Selasa, 14 Maret 2023 pukul 11.00 WIB, Bitcoin (BTC) dalam 24 jam terakhir mengalami penguatan 9,48%.
Pasar Modal
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Bitcoin dan aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar lainnya masih terdorong ke zona hijau setelah Silicon Valley Bank di Amerika Serikat (AS) mengumumkan kebangkrutan.

Menurut pantauan Coin Market Cap, Selasa, 14 Maret 2023 pukul 11.00 WIB, Bitcoin (BTC) dalam 24 jam terakhir mengalami penguatan 9,48%.

Pada pantauan tersebut, Bitcoin menempati posisi harga US$24.464 atau setara dengan Rp376,1 juta dalam asumsi kurs Rp15.374 per-dolar AS.

Sementara itu, Ethereum (ETH) mencatat penguatan 5,28%, Tether (USDT) 0,08%, Binance Coin (BNB) 6,83%, dan USD Coin (USDC) 0,58%.

Kemudian, Ripple (XRP) mengalami pertumbuhan 1,26%, Cardano (ADA) 2,33%, Polygon (MATIC) 4,51%, Dogecoin (DOGE) 3,72%, dan Binance USD (BUSD) 0,22%.

Tim riset Tokocrypto menilai bahwa pasar kripto mulai kembali pulih karena banyaknya kabar positif terkait pemulihan Silicon Valley Bank dan USDC.

Naiknya nilai USDC yang sempat jatuh telah membuat investor kembali menaruh kepercayaan terhadap pasar kripto.

Untuk diketahui, USDC sempat jatuh setelah kabar kebangkrutan Silicon Valley Bank karena perusahaan Circle selaku pengembang stablecoin tersebut mengatakan bahwa pihaknya memiliki dana simpanan yang besar di bank yang dikenal sebagi penyuntik modal perusahaan rintisan (start up) itu.

Akan tetapi, Chief Executive Officer (CEO) Circle Jeremy Allaire sudah buka suara dan menyatakan bahwa dana yang menjaga nilai USDC akan tetap stabil dan masih aman.

Kemudian, isu mengenai Silicon Valley Bank yang akan diselamatkan oleh pihak regulator AS pun menjadi kabar baik yang turut mendorong kinerja kripto.

Ditambah lagi, agresivitas The Federal Reserve (The Fed) dalam mengerek suku bunga diperkirakan akan menyurut karena kebangkrutan Silicon Valley Bank ini.