Antam
Korporasi

Keberlanjutan Terwujud, Antam (ANTM) Tetap Dalam Pusaran Indeks ESG BEI

  • Antam masih terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI, dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI selama periode perdagangan Desember 2023 hingga Mei 2024.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam (ANTM) mengumumkan bahwa saham ANTM tetap menjadi bagian dari Indeks terkait Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Data teranyar, Antam masih terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI, dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI selama periode perdagangan Desember 2023 hingga Mei 2024.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Antam Elisabeth RT Siahaan mengatakan hal ini mencerminkan keseriusan perusahaan dalam menjalankan upaya pengelolaan bisnis berkelanjutan, dengan fokus utama pada keberlanjutan melalui kepedulian terhadap lingkungan hidup dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dalam ranah sosial.

Oleh sebab itu, lanjut Elisabeth, pihaknya berkomitmen untuk mengelola kinerja operasional, lingkungan, dan aspek sosial secara berkelanjutan, dengan landasan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

“Guna mendukung komitmen itu, Antam menerapkan langkah nyata dalam mewujudkan keberlanjutan dimulai dari menerapkan praktik-praktik pertambangan terbaik, melalui aktivitas operasional yang ramah lingkungan dan mendukung upaya pengurangan dampakp perubahan iklim melalui inisiasi dekarboniasi," ungkapnya dalam keterbukaan informasi BEI pada Senin, 8 Januari 2024.

"Perseroan juga senantiasa melaksanakan berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama yang ada di sekitar wilayah operasi," jelas Elisabeth. 

Indeks SRI-KEHATI merupakan indeks kelompok saham yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). 

Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI adalah indeks yang berisikan kelompok saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya, serta memiliki likuiditas yang baik.  Klasifikasi industri mengacu kepada IDX Industrial Classification.

Sedangkan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI adalah indeks yang berisikan 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kualitas keuangan perusahaan, serta memiliki likuiditas yang baik.

Saham ANTM juga menjadi bagian dari Indeks LQ45 Low Carbon Leaders di BEI, yang merupakan indeks yang bertujuan untuk mengurangi eksposur intensitas emisi karbon atas portofolia sebesar minimal 50 persen dibanding Indeks LQ45 sebagai parent index. 

Perseroan mendukung target pemerintah mencapai net zero emission pada 2060. Caranya, secara berkelanjutan, perseroan emenrapkan energi hihjau di wilayah operasi perusahaan. Lalu berupaya mengurangi intensitas karbon dari operasi perusahaan dengan menerapkan beberapa inisiatif dekarbonisasi yang berfokus pada peningkatan bahan bakar ramah lingkungan dan sumber terbarukan.

Antam telah melakukan substitusi B30 (biodiesel) untuk kendaraan berat di beberapa unit operasi perusahaan. Juga terlibat dalam pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik terintegrasi di Tanah Air bersama mitra strategis.

Sekadar informasi, saham ANTM pada perdagangan hari ini hingga pukul 11.12 WIB menguat 0,90 persen ke level 1.690. Saham emiten BUMN itu bergerak di zona hijau dan diperdagangkan pada rentang harga Rp1.680-1.710 per saham. 

Volume transaksi saham ANTM hari ini mencapai 17,06 juta senilai Rp28,91 miliar dan frekuensi sebanyak 3.521 kali. Antam mendapat notasi khusus dari BEI, yakni notasi M yang berarti adanya permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).