<p>Ilustrasi aplikasi pesan WhatsApp, Facebook, Telegram / Pixabay</p>

Kebijakan Privasi Baru WhatsApp Akan Berlaku, Ini yang Akan Terjadi Jika Menolak

  • Inilah kebijakan privasi baru WhatsApp yang akan berlaku seminggu lagi, ini yang akan terjadi jika Anda menolak

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – WhatsApp merupakan aplikasi penyedia layanan pesan terenkripsi yang paling populer di dunia. Tetapi, aplikasi milik Facebook kini justru menimbulkan kontroversi dan menuai banyak kritik sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi barunya.

Dikutip dari HT Tech, WhatsApp memperpanjang batas waktu pengguna untuk menerima kebijakan privasi baru hingga 15 Mei besok. Sebelumnya, diumumkan bahwa jika pengguna menolak kebijakan privasi baru WhatsApp tersebut, maka pengguna dapat kehilangan akses ke akun WhatsApp.

Namun, perusahaan milik Facebook kini telah memutuskan untuk tidak menonaktifkan akun pengguna yang menolak kebijakan privasi baru tersebut, tetapi akan mulai membatasi fitur. WhatsApp juga akan terus mengirimkan pengingat kepada pengguna tentang kebijakan privasi baru.

Pengguna WhatsApp yang belum menyetujui kebijakan privasi yang baru tidak akan dapat mengakses daftar obrolan tetapi masih bisa menjawab panggilan suara dan video. Hal ini akan berlanjut hanya selama beberapa minggu karena WhatsApp pada akhirnya akan melarang pengguna menerima panggilan masuk atau pemberitahuan yang pada dasarnya menghentikan layanan.

Oleh karena itu, kebijakan ini berarti pengguna mau tidak mau harus menerima kebijakan baru atau akhirnya kehilangan akun WhatsApp mereka. Sepertinya WhatsApp masih ingin memberi pengguna lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan menerima kebijakan privasi baru. Diketahui sebelumnya bahwa WhatsApp telah menunda tenggat waktu asli dari 8 Februari hingga 15 Mei setelah mengetahui reaksi pengguna.