Koleksi jerapah di Kebun Binatang Ragunan.
Gaya Hidup

Kebun Binatang Ragunan: Satwa pun Butuh Liburan

  • Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu kebun binatang di Indonesia yang menjaga betul keselamatan dan kesehatan satwanya.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu kebun binatang di Indonesia yang menjaga betul keselamatan dan kesehatan satwanya. Sejak 2014, Kebun Binatang Ragunan telah memiliki aturan yang memberlakukan “hari libur” untuk satwa mereka setiap hari Senin. 

Artinya, Kebun Binatang Ragunan tidak akan menerima pengunjung pada hari itu. Kebijakan tersebut bermula dari disahkannya Peraturan Gubernur DKI nomor 7 tahun 2014 tentang Hari Libur bagi Satwa di Taman Margasatwa Ragunan oleh Gubernur saat itu, Joko Widodo. Regulasi itu memiliki lima pasal yang menerangkan alasan di balik penetapan hari libur satwa, kegiatan saat hari libur satwa dan pergantian hari libur.

Latar belakang aturan tersebut tak lepas dari prioritas keselamatan dan kesehatan satwa di Ragunan, seperti dikutip dari ragunanzoo.jakarta.go.id. Libur sehari disebut mampu mengurangi tingkat stres hewan. Apalagi Kebun Binatang Ragunan punya sejumlah koleksi satwa langka dan terancam punah sehingga perlu perawatan maksimal.  

Sebagai informasi, Kebun Binatang Ragunan dibangun di atas tanah seluas 147 hektare. Objek wisata alam yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki lebih dari 2.009 ekor satwa dan lebih dari 20.000 pohon. Rindangnya kawasan Ragunan membuat pengunjung nyaman untuk berjalan-jalan, serasa di hutan tropis mini. Ragunan juga menyimpan  keanekaragaman hayati dengan nilai konservasi tinggi.