Potret dari udara PSN di Jawa Tengah
Nasional

Kebut PSN di Jateng, Pemerintah Targetkan 3 Bendungan Selesai Tahun Depan

  • Ketiga bendungan itu adalah Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, dan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang.

Nasional

Rizanatul Fitri

JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan tiga bendungan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah rampung tahun 2024. Tiga bendungan tersebut kini sedang dalam tahap pengerjaan konstruksi. 

Ketiga bendungan itu adalah Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, dan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang. Adapun satu bendungan masuk dalam tahap persiapan yakni Bendungan Karangnongko di Kabupaten Blora.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memproyeksi tiga bendungan dalam PSN di Jateng rampung 2024. Adapun Bendungan Karangnongko diharapkan selesai 2026. “Karena Bendungan Karangnongko baru, Insya Allah mulai pekerjaan fisik 2023 dan diharapkan selesai 2026,” ujar Basuki dikutip dari pu.go.id, Selasa 18 Juli 2023.

Merujuk Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No 21 Tahun 2022 terdapat 14 PSN di Jawa Tengah yang dikerjakan Kementerian PUPR. Proyek tersebut terdiri dari 6 bendungan, 1 jaringan irigasi, 4 jalan tol, 2 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan infrastruktur dasar pendukung Kawasan Indutri Terpadu (KIT) di Batang.

Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri menjadi proyek bendungan di PSN yang sudah diselesaikan. "Bendungan ini sudah digenangi air sejak 2021. Bendungan Randugunting di Blora juga sudah digenangi air,” kata Menteri Basuki.

Selain itu, infrastruktur PSN di Jawa Tengah yang telah selesai lainnya di antaranya SPAM Semarang Barat yang memiliki manfaat untuk meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) dengan kapasitas 1.000 liter/detik. 

Tol Solo-Jogja 

Sumber air baku dari SPAM Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air baku sepanjang 2.500 meter dan jaringan perpipaan distribusi (utama dan pembagi) sepanjang 53.500 meter.

Selain tiga bendungan yag sedang dikerjakan, ada enam infrastruktur PSN lain di Jateng dalam tahap konstruksi. Enam infrastrukur tersebut yaitu Jaringan Irigasi untuk Daerah Irigasi Glapan dengan target selesai 2024, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen,  dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) Kulon Progo.

Ada pula jalan Tol Semarang-Demak, SPAM Wasusokas (Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo dan Karanganyar), dan dukungan infrastruktur KIT Batang berupa pekerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). "Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta untuk wilayah Jawa Tengah ditargetkan selesai tahun 2024 sampai dengan Purwomartani, jadi sudah lewat Klaten,” ujar Basuki.