Kegiatan Talkshow Literasi Digital dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 dengan tema “Santri Berdaya
 Nusantara Berdigdaya Indonesia Maju" yang berlangsung di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyah, Jakarta Selatan. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Kecakapan Digital Santri Menentukan Masa Depan Generasi Muda

  • Kunci dalam meningkatkan potensi Indonesia adalah penguasaan digital secara tepat disertai komitmen yang kuat dan penggunaan teknologi yang cerdas dan aman.

Foto

Panji Asmoro

JAKARTA- Kecakapan digital pada para santri menentukan bagaimana kemajuan generasi muda di Indonesia. Generasi muda di kalangan santri dituntut untuk dapat meningkatkan kecakapan dan kompetensi digital menghadai tantangan di dunia digital demi mewujudkan Indonesia maju. 

Semangat literasi digital sangat dibutuhkan, karena media digital selalu terdepan untuk digunakan belajar. Akses santri pada dunia digital haruslah diimbangi dengan keawasan dan kehati-hatian. 

Konten-konten negatif yang bertebaran di dunia digital jangan sampai merusak moral para santri. Diharapkan santri dapat menjaga etika di dunia digital. Ancaman siber, kesenjangan digital, dan kebutuhan talenta adalah tiga tantangan yang Kemenkominfo sadari keberadaannya. 

Terlebih lagi adanya serangan besar-besaran dari judi online yang saat ini menjadi ancaman darurat bagi bangsa Indonesia. Kunci dalam meningkatkan potensi Indonesia adalah penguasaan digital secara tepat disertai komitmen yang kuat dan penggunaan teknologi yang cerdas dan aman. 

Kegiatan Talkshow Literasi Digital Peringatan Hari Santri Nasional merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dihadiri sebanyak kurang lebih 1000 santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyah. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia