Nampak pengunjung memadati area Pondok Indah Mal menghabiskan akhir liburan lebaran 2022, Jumat 6 Mei 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Industri

Kedatangan 3 Mal Baru pada 2023, Ruang Ritel di Jakarta Terus Bertambah

  • Sektor ritel mengalami sinyal pertumbuhan yang positif. Mal baru terus bertambah di Jakarta.
Industri
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Sektor ritel mengalami sinyal pertumbuhan yang positif setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pada akhir 2022. Lembaga konsultan dan riset properti Knight Frank menyatakan hal ini ditandai dengan mulai kembalinya pengunjung ke ruang ritel, meski tidak terjadi pada semua kelas ritel.

Dalam laporan terbarunya, Jakarta Property Highlight, Knight Frank menyatakan ada penambahan 3 pusat perbelanjaan (mal) baru di Jakarta sepanjang 2023. Pembukaan mal baru ini akan menambah luasan ruang ritel yang ada di Jakarta.

“Sektor ritel merupakan salah satu sub sektor properti yang masih prospektif ke depannya karena fast bounce back pascpandemi,” ujar Director Strategic Consultancy Knight Frank Indonesia Sindiani Adinata, dalam press conference di Jakarta, dikutip Jumat, 10 Maret 2023.

Adapun ketiga mal yang akan dibuka tahun ini yaitu Retail Podium Thamrin Nine Sewa Thamrin seluas 72.000 meter persegi, Holland Village Mall Sewa Cempaka Putih (44.000 m2), dan Pusat Grosir Senen Jaya Strata Senen (10.249 m2).

Mal baru ini akan menambah total pasokan ruang ritel di Jakarta yang saat ini mencapai 4.923.911 m2. Untuk diketahui, pada paruh kedua 2022, hanya ada penambahan 1 project mal di Jakarta.

Sementara itu, total future supply hingga tahun 2025, akan ada 6 proyek mal seluas 292.109 m2.

Okupansi Meningkat Tipis

Lebih lanjut, Sindiani mengungkapkan, pada semester II-2022, rerata tingkat okupansi ruang ritel mengalami peningkatan tipis menjadi di kisaran 78,8% jika dibandingkan dengan semester sebelumnya. Tingkat okupansi ruang ritel sewa pada kelas Premium Grade A, memiliki performa yang lebih baik dibanding kelas lainnya.

Kenaikan juga terjadi di rerata harga sewa dan service charge yang naik sekitar 1,2% menjadi Rp 751.351 dari harga tahun lalu. Peningkatan harga service charge hampir terjadi di seluruh grade dengan rerata kenaikan tertinggi berada di grade premium A.

Laporan Knight Frank juga menunjukkan performa ritel Jakarta saat ini masih belum merata, dan perbaikan performa memang tidak ditunjukan oleh seluruh kelas ritel. 

Untuk itu, kata Sindiani, pengambang termasuk pengelola ritel perlu memiliki daya adaptasi yang cepat mengikuti dinamika tren saat ini.

Di antaranya dengan melakukan peningkatan kualitas gedung (building upgrade) sehingga nilai asetnya dapat terus diperhitungkan sebagai aset yang prospektif.

Berkaca pada tahun lalu, secara umum tenant yang masuk pada akhir 2022 berasal dari sektor FnB, Sport Apparel, dan Fashion.

Kemudian, beberapa proyek melakukan building upgrade sebagai restrategi untuk meningkatkan okupansi dan tingkat kunjungan konsumen.

Pada akhir 2022, lifestyle space sebagai supporting space in retail dengan konsep alfresco menjadi tren baru yang diminati konsumen. Demikian juga dengan stand alone retail yang diminati.