<p>Foto: alamisharia.co.id</p>
Industri

Kejar Target Pembiayaan Rp80 Miliar, ALAMI Maksimalkan UMKM HIPMI

  • PT Alami Fintek Sharia (ALAMI) incar 3000 bisnis UMKM anggota HIPMI Jaya. Perusahaan penyedia pembiayaan peer to peer (P2P) berbasis syariah itu mendapatkan “karpet merah” usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan organisasi kumpulan pebisnis muda itu. ALAMI melakukan MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Raya (Jaya) dalam rangka kemitraan pendanaan berbasis syariah. Dilakukan di […]

Industri
trenasia

trenasia

Author

PT Alami Fintek Sharia (ALAMI) incar 3000 bisnis UMKM anggota HIPMI Jaya. Perusahaan penyedia pembiayaan peer to peer (P2P) berbasis syariah itu mendapatkan “karpet merah” usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan organisasi kumpulan pebisnis muda itu.

ALAMI melakukan MoU dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Raya (Jaya) dalam rangka kemitraan pendanaan berbasis syariah. Dilakukan di hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (28 Mei 2019).

CEO ALAMI Dima Djani dan Ketua Umum HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla melakukan penandatanganan kerjasama tersebut. ”Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari HIPMI Jaya dalam memertimbangkan pembiayaan syariah untuk bisa diakses oleh para anggotanya,” ucap Dima. 

ALAMI mengincar sedikitnya 20 persen penyaluran pembiayaan syariah dari total 3000 bisnis UMKM anggota HIPMI JAYA. Angka tersebut setara 600 pengusaha dari berbagai sektor usaha yang bernaung di HIPMI Jaya.

Hal tersebut dilakukan sejalan dengan upaya menggenjot bisnis untuk mencapai target penyaluran pembiayaan sebesar Rp80 miliar pada 2019. Kerjasama dengan HIPMI Jaya diyakini Dima akan merealisasikan target itu.

“ALAMI berharap mampu menghadirkan pengalaman pembiayaan syariah yang berkesan bagi anggota HIPMI Jaya dimana kami berharap dapat mendampingi perkembangan penerima pembiayaan (beneficiary) secara berkelanjutan,” kata dia. 

Kolaborasi itu juga diharapkan bisa menjadi bukti komitmen ALAMI dalam memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah. Sejalan dengan rencana pemerintah dalam Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia tahun 2019 – 2024.

Adapun fokus dari kesepakatan kerjasama ALAMI dan HIPMI Jaya adalah pengadaan akses pembiayaan usaha berbasis syariah bagi seluruh anggota HIPMI Jaya. ALAMI sebagai penyedia teknologi akan dapat diakses oleh para pengusaha melalui aplikasi mobile Jaya Connect yang khusus dirancang untuk para anggota HIPMI Jaya. 

Melalui aplikasi tersebut, para pengusaha anggota HIPMI Jaya dapat menikmati kemudahan dalam mengajukan pembiayaan melalui platform ALAMI, mulai dari angka Rp50 juta sampai maksimal Rp2 miliar.

Untuk diketahui, jumlah perusahaan pembiayaan P2P berbasis syariah yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru mencapai kurang dari 10 perusahaan per Mei 2019. 

Angka itu masih jauh jika dibandingkan perusahaan pembiayaan P2P konvensional yang lebih dari 100 perusahaan. ALAMI sendiri telah mengantongi peresmian dari OJK pada awal bulan Mei 2019.(*)