Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas secara simbolis ujicoba motor listrik dalam acara peluncuran kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Jakarta, 22 Februari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Industri

Kejar Target, Sosialisasi Program Konversi Motor Listrik Digencarkan

  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan sosialisasi program konversi sepeda motor listrik, dengan menyasar 10 kota, yaitu Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan, Mataram, Kupang, Balikpapan, dan Makassar.
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA  - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan sosialisasi program konversi sepeda motor listrik, dengan menyasar 10 kota, yaitu Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan, Mataram, Kupang, Balikpapan, dan Makassar.

Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) Senda Hurmuzan Kanam, mengatakan program ini dilakukan dalam rangka percepatan target 50 ribu unit sepeda motor BBM konversi menjadi sepeda motor listrik di 2023.

"Pelaksanaan transisi energi, termasuk melalui target program konversi motor BBM menjadi sepeda motor listrik sebanyak 6 juta motor di tahun 2030, memiliki banyak tantangan, namun saya percaya bahwa target tersebut bukan tidak mungkin dapat dicapai dengan komitmen dan konsistensi dari seluruh pemangku kepentingan terkait," katanya pada Senin, 31 Juli 2023.

Program konversi sepeda motor listrik ini akan mendorong berkembangnya usaha baru antara lain industri komponen utama, UMKM Bengkel Konversi dan Service, peleburan logam dan pengelolaan limbah baterai, serta pengembangan ketenagakerjaan yaitu tenaga teknik (montir) konversi sepeda motor listrik.

Senda mengatakan, salah satu yang terpenting juga adalah mempersiapkan bengkel-bengkel konversi yang saat ini sudah mencapai 24 bengkel dan Kementerian akan terus menambah  hingga 100 atau 1000 bengkel di tahun depan.

Berikut  bengkel konversi motor listrik melansir laman Kementerian ESDM : 

1. BBSP KEBTKE-KESDM - Bogor/Jakarta.
2. PT Braja Elektrik Motor - ITS Surabaya.
3. Elders Garage - Jakarta.
4. Percik Daya Nusantara - Bali.
5. PT Tri Mentari Niaga/BRT - Bogor.
6. PT Cogindo Daya Bersama - Cirebon.
7. PT Mitra Metal Perkasa - Karawang.
8. PT Ide Inovatif Bangsa - Jawa Barat.
9. PT Spora EV - Jakarta.
10. PT Sarana Makmur Sejahtera - Mojokerto.
11. Juara Bike/Selis - Tangerang.
12. PT Nagara Sains Konversi - Jakarta.
13. PT Handhika Garda Parama - Jakarta.
14. PT Strum Technology Asia - Jakarta.
15. CV Karya Katanagari Group - Jakarta.
16. Politeknik Negeri Jakarta - Jakarta.
17. PTDI-STTD - Jakarta.
18. PT Electric Vehicle Trimotorindo - Jakarta.
19. PT Ekoelektrik Konversi Mandiri.
20. DIKS ITS - Surabaya.
21. PT Roda Elektrik Gemilang - Bali.
22. PT Solusi Intek Indonesia - Bekasi.
23. SMKN 2 Jember.
24. SMK Muhammadiyah Kartasura.