Eastspring Indonesia menjalin kerja sama dengan Pluang untuk distribusi reksa dana. Sumber: Pluang
Industri

Kelebihan Reksa Dana Bagi Pemula yang Ingin Berinvestasi

  • Reksa dana dipercayai mejadi pilihan cocok bagi pemula yang baru memulai investasi. Instrumen investasi ini menggunakan jasa manajer investasi, sehingga anda perlu menyisihkan uang yang anda miliki.
Industri
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Investasi menjadi salah satu kegiatan yang cukup tren saat ini. Investasi memiliki konsep yang cukup sama dengan menabung yaitu menyisihkan uang yang dimiliki dan menaruhnya di instrumen yang kini sudah memiliki banyak jenis.

Reksa dana merupakan salah satu pilihan untuk berinvestasi. Reksa dana dipercayai menjadi pilihan cocok bagi pemula yang baru memulai investasi. Instrumen investasi ini menggunakan jasa manajer investasi, sehingga anda perlu menyisihkan uang yang anda miliki. Investasi dengan reksa dana dapat dimulai dari Rp100.000.

Adapun reksa dana yang sedang tren saat ini, terdiri dari 4 jenis yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Kemudian, masing-masing jenis reksa dana ini memiliki risiko dan keuntungan. TrenAsia telah merangkum beberapa kelebihan dari reksa dana :

Tidak membutuhkan modal awal yang besar

Investasi reksa dana tidak membutuhkan modal besar. Dana minimal yang diperlukan untuk berinvestasi di reksa dana adalah Rp100.000

Pencairan relatif mudah

Selanjutnya, kelebihan reksa dana adalah pencairan relatif mudah. Anda dapat mencairkan unit reksa dana yang dimiliki hanya dengan menjualnya kembali dan uang hasil penjualan otomatis akan masuk ke dalam rekening anda. Waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana ini kurang lebih dua hari.

Proses investasi mudah

Investasi reksa dana dapat dilakukan melalui fasilitas investasi pada platfrom yang disediakan. Anda dapat melakukan investasi tanpa harus keluar rumah, karena anda dapat melakukan proses investasi ini hanya melalui ponsel yang di dalamnya sudah ada aplikasi investasi yang terpercaya.

Sudah terdiversifikasi

Kelebihan selanjutnya adalah reksa dana sudah terdiversifikasi yang artinya dengan satu unit reksa dana akan investasikan oleh manajer investasi ke dalam berbagai instrumen. Sehingga, anda dapat menginvestasikan uang yang dimiliki ke berbagai kantong investasi.