Warga Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, Jawa Tengah menyambut gembira bantuan air bersih dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap.
BUMN

Kemarau Panjang, SIG Salurkan 906.000 Liter Air Bersih

  • Distribusi bantuan air bersih yang dilakukan SIG sendiri telah dimulai sejak September hingga Oktober 2023.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) salurkan 906.000 liter air bersih sebagai wujud kepedulian perusahaan pada masyarakat yang terdampak kemarau panjang. 

kemarau tahun 2023 yang berkepanjangan sebagai akibat dari fenomena El Nino telah menyebabkan kelangkaan air di sejumlah daerah di Indonesia. Kondisi tersebut mengakibatkan sebagian besar masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Distribusi bantuan air bersih yang dilakukan SIG sendiri telah dimulai sejak September hingga Oktober 2023 di empat kabupaten atau kota di tiga provinsi meliputi Sumatra Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Di Sumatra Barat, PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 46.000 liter kepada masyarakat di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Sementara di Jawa Tengah, PT Semen Gresik menyalurkan sebanyak 400.000 liter air bersih kepada masyarakat di 14 desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Rembang. Kemudian sebanyak 350.000 liter air bersih disalurkan oleh SBI Pabrik Cilacap kepada masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap.

Di Sulawesi Selatan bantuan air bersih disalurkan oleh PT Semen Tonasa ke sejumlah fasilitas publik di Kabupaten Pangkep, seperti RSUD Batara Siang sebanyak 80.000 liter, Puskesmas Kalabbirang sebanyak 5.000 liter dan Masjid Taqwa Biring Ere sebanyak 25.000 liter. Selain itu, sejak 2012 PT Semen Tonasa secara rutin memberikan bantuan air bersih kepada warga di Desa Bulu Cindea sebanyak 90.000 liter per hari.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni menyebutkan bantuan air bersih ini merupakan bukti kepedulian SIG terhadap masalah sosial akibat kekeringan yang sedang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang berada di sekitar wilayah operasional Perusahaan.

“SIG menyadari bahwa keberadaan air bersih sangat penting bagi keberlanjutan hidup dan kesejahteraan manusia terutama di tengah situasi kekeringan berkepanjangan yang terjadi karena dampak El Nino seperti sekarang . Dengan adanya program bantuan air bersih ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” sebut Vita Mahreyni dalam keterangan resmi pada 20 Oktober 2023.

Selain menyalurkan air bersih, SIG juga telah membangun embung di wilayah operasi dan reklamasi, di antaranya di lahan reklamasi Tuban seluas total 720.000 meter persegi berkapasitas penampungan air 6 juta m3 serta di Pabrik Rembang seluas 5.119 meter persegi yang berkapasitas 15.000 m3. Embung tersebut difungsikan untuk membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih terutama untuk pertanian dan perkebunan.

Selain itu, PT Semen Tonasa juga memiliki kolam seluas 58,56 ha di lahan reklamasi yang digunakan untuk reservoir sebagai cadangan air untuk kebutuhan pabrik.