Kematian iTunes Tak Berlaku untuk Pengguna Windows
Tekno

Kematian iTunes Tak Berlaku untuk Pengguna Windows

  • Diluncurkan pada tahun 2001, iTunes awalnya menjadi cara utama bagi pengguna Apple untuk mendengarkan musik dan mengelola konten media, terutama pada perangkat seperti iPhone, iPad, dan MAC.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - iTunes adalah pemutar media yang telah menjadi produk utama dari Apple selama sekitar dua dekade.

Diluncurkan pada tahun 2001, iTunes awalnya menjadi cara utama bagi pengguna Apple untuk mendengarkan musik dan mengelola konten media, terutama pada perangkat seperti iPhone, iPad, dan MAC. 

Ketika iTunes pertama kali muncul, Apple menjual lagu seharga 99 sen dalam format propietary, bukan sebagai file MP3. Namun, dalam dekade terakhir, model pembelian lagu satu per satu hampir sepenuhnya digantikan oleh layanan streaming berlangganan seperti Spotify dan Tidal.

Dikutip dari Business Insider, iTunes juga mendapat kritik selama bertahun-tahun karena kurang terorganisir, desain yang kaku, dan ukuran yang semakin besar.

Daripada merancang ulang iTunes untuk memenuhi kebutuhan media modern, Apple memutuskan untuk menghentikan penggunaannya dan menggantinya dengan sekelompok aplikasi baru yang dirancang khusus untuk era streaming dan berlangganan kontemporer seperti di era sekarang. Seperti Apple Music, Apple TV, dan Apple Devices untuk Windows. 

Hal ini yang menandai awal matinya kejayaan iTunes, hingga pada 2019, iTunes resmi ditutup. Apple mengumumkan bahwa mereka secara resmi menghentikan pengembangan iTunes untuk pengguna Mac mulai dari MacOS Catalina. Sehingga pengguna tidak dapat lagi mengunduh atau menginstalnya. 

Meski begitu, kabar baik bagi pengguna Windows, iTunes masih tersedia dan berfungsi di sistem operasi Windows.

Untuk menginstal atau memperbarui iTunes di PC Windows Anda, cukup kunjungi situs web resmi iTunes Apple. Versi terkini yang tersedia adalah 12.13.1.3. Pengguna Windows masih bisa mengakses perpustakaan media iTunes mereka dalam aplikasi iTunes. 

Tak hanya iTunes, Apple juga telah memperkenalkan versi preview dari aplikasi alternatif untuk Apple Music, Apple TV, dan Apple Devices. 

Namun, hal yang perlu diperhatikan pengguna Windows adalah bahwa ketiga aplikasi di atas akan mencegah berjalannya aplikasi iTunes versi Windows. 

Sehingga, pengguna disarankan untuk menghapus aplikasi iTunes yang lama karena sudah digantikan dengan aplikasi Apple Devices yang lebih baru.