Timnas Indonesia dalam Piala AFF Suzuki 2020.
Nasional

Kembali Gagal di AFF, 30 Tahun Timnas Indonesia Nihil Juara

  • Indonesia kembali gagal di partai puncak Piala AFF untuk yang keenam kalinya.
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Indonesia kembali gagal di partai puncak Piala AFF untuk yang keenam kalinya. Saat menjalani leg kedua melawan Thailand, Tim Merah Putih gagal  mengejar agregat  gol yang memang cukup jauh.

Dalam pertandingan leg kedua yang digelar Sabtu 1 Januari 2022 di Singapore National Stadium tersebut Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bermain imbang 2-2. Ini menjadikan agregat gol menjadi 2-6 karena di leg pertama Indonesia digulung 0-4.

Indonesia sebenarnya sempat membuka harapan dengan gol cepat oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-7. Tim Garuda juga relatif menguasai jalannya pertandingan dengan beberapa peluang terjadi. Sayangnya, penyelesaian akhir anak-anak Indonesia selalu gagal.

Di babak kedua Thailand berhasil menyamakan kedudukan melalui Adisak Kraisorn pada menit ke-54. Hanya dua menit berselang Thailand berbalik unggul dengan gol Sarah Yooyen. Sementara Egi Maulana Vikri menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dengan golnya di menit ke-80. Kedudukan ini bertahan hingga akhir permainan.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong pun harus rela menempati posisi kedua dan ini adalah status keenam yang disandang Timnas. Sebelumnya Indonesia mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016. Belum pernah sekalipun Indonesia memboyong piala tersebut sejak digelarr pertama pada 1996.

Kegagalan ini juga memperpanjang catatan waktu Indonesia tidak pernah juara di kompetisi internasional atau regional apapun.

Terakhir kali Indonesia berhasil menjadi juara turnamen sepakbola Internasional pada 1991 saat meraih medali emas di ajang SEA Games  yang dihelat di  Filipina. Saat itu di bawah asuhan pelatih Anatoli Polosin Indonesia sukses menundukkan Thailand di final lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 4-3. Itu artinya 30 tahun timnas sepakbola Indonesia benar-benar tanpa gelar juara apapun.