Aksi Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di Indonesia Masters 2023.
Gaya Hidup

Kembali Mundur dari Ajang Besar, Masa Depan Marcus/Kevin Makin Buram

  • Mantan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mundur dari Japan Open 2023 dan Korea Open 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Mantan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mundur dari Japan Open 2023 dan Korea Open 2023. Kondisi tersebut membuat pasangan berjuluk The Minions itu makin kesulitan mengejar ketertinggalan dari para rivalnya.

Absennya Minions di dua ajang besar tersebut diketahui dalam rilis resmi BWF, Jumat 23 Juni 2023. Tidak ada nama Marcus/Kevin di dua turnamen terdekat dalam rilis BWF. Sebagai informasi, Korea Open yang berstatus Super 500 bakal digelar di Yeous pada 18-23 Juli 2023.

Sedangkan Japan Open yang berlabel Super 750 akan digelar di Tokyo, 25-30 Juli 2023. Sebelumnya Marcus/Kevin juga absen di Indonesia Open 2023 lantaran kondisi Marcus yang belum fit. Belum diketahui alasan resmi kenapa Minions mundur di Jepang dan Korea Selatan. Namun kemungkinan alasannya tak jauh dari kondisi fisik Marcus. 

Grafik penampilan Marcus/Kevin memang menukik tajam beberapa waktu terakhir. Problem cedera membuat mereka cukup banyak absen di turnamen internasional. Marcus bahkan cedera otot perut cukup serius yang membuatnya harus absen cukup lama.

Kondisi tersebut seakan membuat kolaborasi hebat antara kedua pemain tersebut seperti hilang di lapangan. Saat tampil di Singapore Open 2023 serta Malaysia Masters 2023, Marcus/Kevin terhenti di babak kedua setelah keok dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Hasil lumayan mereka raih saat menembus semifinal Thailand Open 2023. 

Anjlok Drastis

Turunnya performa Minions membuat mereka melorot ke peringkat 16 dunia. Artinya, posisi mereka berada di bawah empat ganda putra andalan Indonesia lain seperti Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Hendra Setiawan/M. Ahsan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin serta M. Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Hal ini ironis mengingat mereka sempat merajai ganda putra dunia medio 2017 hingga 2019.  

Muncul wacana Marcus/Kevin bakal dipisah usai mengundurkan diri dari Indonesia Open 2023. Hal itu untuk mengembalikan performa masing-masing pemain. Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, mengaku tengah menimbang pemisahan pasangan yang sudah berduet sejak 2015 itu. “Kami akan duduk bersama dan ngomong ke depannya seperti apa,” ujar Herry beberapa waktu lalu, dikutip dari Antara.

Pihaknya mengakui peluang memisahkan The Minions juga tergantung para pemain.  Herry tak bisa memaksa mereka apabila masih ingin memperbaiki performa bersama. “Tergantung komitmen kedua pemain. Kalay saya mau pisah, tapi mereka enggak mau, ya enggak bisa,” ujar Herry.