Pesawat Transportasi Kargo Angkasa Pura Logistik
Transportasi dan Logistik

Kembangakan Layanan Kargo Modern, APLog dan Bandara Internasional Hang Nadim Jalin Kolaborasi

  • Signifikansi dari kemitraan ini terletak pada potensinya untuk menciptakan proses penanganan kargo yang mulus dan efisien, memenuhi tuntutan meningkat dari industri penerbangan. 
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Guna meningkatkan layanan penanganan kargo dan terminal, PT Angkasa Pura Logistik (APLog) dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam (BIB) menjalin kolaborasi. Sebuah langkah  pertama yang diharapkan dapat menjadi kemitraan yang menguntungkan disektor kargo bandara.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, APLog akan memainkan peran kunci dalam memperkuat operasi kargo dan terminal di BIB, memastikan agar bandara tetap berada di garis depan standar internasional. 

Pertukaran keahlian antara APLog dan BIB diharapkan meningkatkan pengalaman pelanggan, efisiensi operasional yang lebih baik, dan peningkatan daya saing dalam lanskap penerbangan global.

Signifikansi dari kemitraan ini terletak pada potensinya untuk menciptakan proses penanganan kargo yang mulus dan efisien, memenuhi tuntutan meningkat dari industri penerbangan. 

BIB menekankan pentingnya mematuhi standar internasional dalam sektor logistik dan penanganan kargo. Upaya kerja sama ini tidak hanya akan menyederhanakan sistem operasional tetapi juga meningkatkan posisi bandara dalam menyediakan layanan terbaik untuk transportasi kargo internasional.

“Karena ini merupakan International flight yang menggunakan Standar Internasional, maka membutuhkan support dari perusahaan yang memiliki Standar Internasional." ujar Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Jumat, 8 Maret 2024.

Bagian integral dari InJourney Aviation Services 

Pada bulan Juni 2024, APLog akan menjadi bagian integral dari InJourney Aviation Services (IAS).  InJourney Aviation Services (IAS) adalah anak perusahaan dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan pendukung penerbangan. 

“Kami akan membuktikan kepada BIB bahwa mereka telah memilih partner yang tepat dan dapat diandalkan, dengan bergabungnya APLog ke IAS pada bulan Juni Th 2024." ungkap PLT Direktur Utama APLog, Troficiendy Suroso.

IAS memiliki peran krusial dalam menyediakan berbagai layanan yang mendukung operasional penerbangan, mulai dari manajemen terminal hingga pemeliharaan pesawat.

Dengan dukungan dari Injourney Aviation Services, kemitraan ini diharapkan membawa transformasi positif dalam logistik kargo, memberikan manfaat tidak hanya bagi entitas yang berkolaborasi tetapi juga komunitas penerbangan secara luas.

Kerja sama ini menandai pergeseran paradigma dalam penanganan layanan kargo dan terminal di BIB, membuka jalan bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan dalam sektor penerbangan di wilayah ini.